Salin Artikel

Pembukaan Rute Penerbangan Sumenep-Banyuwangi Diharapkan Sejahterakan Kedua Daerah

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Sumenep Dewi Khalifah, setelah merasakan penerbangan pertama dari kabupaten di ujung timur Pulau Madura itu ke Banyuwangi menaiki Cessna Grand Caravan milik Susi Air, Selasa (11/1/2022).

Dewi menjelaskan, Sumenep juga memiliki banyak pulau, salah satunya Pulau Sapeken yang warganya mayoritas nelayan.

Untuk urusan penyimpanan ikan, mereka bekerja sama dengan penyewaan ruang berpendingan atau cold storage di Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi.

"Banyak masyarakat kita yang berhubungan bisnis dengan Banyuwangi, salah satunya dengan Muncar. Jadi dari Sapeken ini, hampir rata-rata mereka kerja sama untuk cold storage itu di Banyuwangi," kata Dewi di Bandara Banyuwangi, Selasa.

Dewi juga mengatakan, kerja sama bisnis antarwarga dua daerah bisa dikembangkan dengan adanya penerbangan Sumenep-Banyuwangi itu.

Sebelumnya akses dari Banyuwangi ke Sumenep bisa ditempuh dengan dua cara, jalur darat selama sepuluh jam dan jalur laut dari Kabupaten Situbondo selama tujuh jam.

Dijelaskannya Banyuwangi dan Sumenep memiliki dua potensi wisata yang sama, yakni religi dan bahari, yang diharapkan bisa tercipta penyelenggaraan event bersama.

Warga Sumenep juga bisa berkunjung saat Banyuwangi memasuki musim durian di akhir tahun. Sebaliknya warga Banyuwangi bisa datang saat Sumenep musim panen srikaya di awal tahun.

Dewi mengatakan proses penerbangan pertama tersebut juga lancar, tanpa getaran yang berarti. Dengan waktu perjalanan 45 menit, ia mengaku akan lebih sering berkunjung ke Banyuwangi.

"Jadi hal ini menjadi prospek bahwa potensi-potensi yang lain bisa dikerjasamakan di Kabupaten Sumenep, ini akan semakin terbuka lebar untuk kesejahteraan dua kabupaten, Kabupaten Sumenep dan Kabupaten Banyuwangi," kata Dewi.

Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Trunojoyo M Arqodri Arman mengatakan, pembukaan rute baru tersebut merupakan program kerja dari Kementerian Perhubungan.

Rute baru penerbangan telah direncanakan sejak 2021, dan dengan anggaran yang tersedia dilaksanakan UPBU Trunojoyo selama 2022.

Jadwal yang sudah ditetapkan ialah, Berangkat dari Banyuwangi pada Selasa pukul 12.20 WIB dan kembali pukul 13.15 WIB.

Lalu, berangkat dari Sumenep pada Rabu pukul 10.40 WIB, dan kembali pukul 11.35 WIB.

Harga tiket penerbangan Susi Air dari Sumenep ke Banyuwangi adalah Rp 245.000. Sementara perjalanan sebaliknya, Rp 299.000.

Terdapat 12 kursi di dalam pesawat tersebut, di mana dua di antaranya untuk diduduki pilot dan co pilot. Sehingga penumpang yang bisa dibawa maksimal 10 orang.

"Artinya ini adalah sebuah inovasi yang cukup bagus untuk pelaksanaan transportasi yang ada. Tentu menjadi sebuah harapan yang besar, yang berimbas pada peningkatan kesejahteraan untuk seluruh lapisan masyarakat," kata Arqodri, Selasa.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/01/12/232231078/pembukaan-rute-penerbangan-sumenep-banyuwangi-diharapkan-sejahterakan-kedua

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke