Salin Artikel

Gudang Industri Rotan di Gresik Terbakar, Kerugian Ratusan Juta Rupiah

GRESIK, KOMPAS.com - Gudang home industri rotan yang terletak di Desa Domas, Kecamatan Menganti, Gresik, Jawa Timur, terbakar, Rabu (12/1/2022) dini hari. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Kepala Unit Damkar Pemkab Gresik, Eka Prapangasta mengatakan, api mulai membakar gudang rotan itu sekitar pukul 00.15 WIB.

Sedangkan petugas Damkar Gresik menerima laporan mengenai kejadian kebakaran tersebut pukul 00.57 WIB.

"Awalnya, pemilik melaporkan kejadian dengan menghubungi pemadam kebakaran Surabaya. Namun karena lokasinya di Gresik, akhirnya diteruskan (oleh petugas Damkar Surabaya) kepada kami," ujar Eka ketika dikonfirmasi, Rabu.

Mendapat informasi tersebut, petugas Damkar Gresik langsung mendatangi lokasi untuk memadamkan api yang sudah berkobar.

Dugaan sementara, kebakaran itu disebabkan oleh korsleting instalasi listrik yang ada di lingkup gudang rotan tersebut.

"Dua unit dengan lima orang personel kami kerahkan ke lokasi, dan berhasil memadamkan api sekitar pukul 02.22 WIB. Dugaan kami, karena korsleting listrik," ucap Eka.

Eka memastikan kebakaran tersebut tidak mengakibatkan korban meninggal dunia maupun terluka. Hanya saja, kebakaran itu mengakibatkan kerugian material hingga ratusan juta rupiah.

"Untuk kerugian materi diperkirakan ratusan juta rupiah, sementara korban jiwa atau luka nihil," kata Eka.

Menurut data Damkar Gresik, sejak awal tahun hingga hari ini, sudah ada enam kejadian kebakaran yang ditangani. Sementara penyelamatan lainnya ada sebanyak 13 kasus, baik berupa evakuasi ular dari perumahan dan lingkungan warga maupun pertolongan kebencanaan lain.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/01/12/162933778/gudang-industri-rotan-di-gresik-terbakar-kerugian-ratusan-juta-rupiah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke