Salin Artikel

"Kalau Sirene dan Lampu Mati, Mending Dirobohkan Saja Tiangnya"

Pengemudi sekaligus penumpang tunggal Gito (49) selamat, meski mobilnya mengalami kerusakan parah.

Sebab, bagian belakang mobilnya tertemper lokomotif KA Matarmaja yang melaju dari arah Malang ke arah Kota Blitar.

Minta tiang dirobohkan saja

Roda belakang mobil itu sebenarnya sudah berhasil melewati rel kereta api di perlintasan tersebut, tetapi kereta sudah terlalu dekat.

Meski demikian, kerusakan mobil tidak hanya di bagian belakang, tapi juga di bagian samping dan depan.

Sebab, begitu bagian belakang mobil tertabrak lokomotif, mobil berputar dan membentur pagar besi di sekitar perlintasan.

Pada satu rekaman video yang diterima Kompas.com dari Seksi Humas Polres Blitar terkait kecelakaan tersebut, terlihat seorang pria di lokasi kejadian berbicara kepada seseorang berseragam Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska) dengan nada protes.

"Ini lho Pak, lampu dan sirinenya itu tidak pernah menyala. Kalau tidak diperbaiki, lebih baik tiangnya ini dirobohkan saja enggak apa-apa. Kejadian di sini itu sudah sering sekali," kata pria berbaju biru itu dalam Bahasa Jawa.

Penjelasan polisi

Staf Humas Polres Blitar Bripka Didik Dwi membenarkan video tersebut direkamnya di lokasi kecelakaan.

Tujuan perekaman video itu, kata Didik, sebenarnya untuk memberikan gambaran posisi dan kondisi kendaraan yang tertemper kereta api tersebut.

Namun secara kebetulan, kamera menangkap protes warga sekitar lokasi yang sedang memrotes matinya lampu dan sirene perlintasan.

"Kami tidak tahu identitas warga tersebut namun dipastikan dia adalah warga yang tinggal di sekitar perlintasan. Karena dia tahu persis lampu dan sirene tidak pernah menyala dan sering terjadi kecelakaan di situ," ujar Didik saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin (10/1/2022).


Lampu dan sirene mati lebih berbahaya

Mengomentari video tersebut, Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Blitar AKP I Putu Angga Feriyana mengaku sependapat dengan logika yang disampaikan warga tersebut.

"Mungkin orang yang hendak melintas perlintasan itu akan lebih berhati-hati jika tahu lampu dan sirene mati," kata Angga kepada Kompas.com.

Menurut Angga, jika belum ada rencana perbaikan lampu dan sirene di perlintasan tersebut, akan lebih baik jika tiang penyangga lampu dan sirene sementara dicabut.

"Logika sederhananya kalau tidak ada tiang lampu dan sirene maka orang yang hendak melintas akan lebih berhati-hati dan tidak lagi mengandalkan peringatan dari lampu dan sirene yang ternyata mati itu," jelasnya.

Angga berjanji pihaknya akan segera memfasilitasi pertemuan dengan pihak-pihak terkait, yakni PT Kereta Api Indonesia dan Dinas Perhubungan, untuk membicarakan kemungkinan pencabutan peralatan lampu dan sirene tersebut.

"Yang kami akan usulkan memang sebaiknya mencabut saja tiang itu kalau memang tidak ada rencana perbaikan. Ini salah satu opsi," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Desa Pasirharjo Chusana mengatakan, terdapat dua perlintasan kereta api tanpa palang pintu di wilayah Desa Pasirharjo DAN semuanya mengalami kerusakan lampu serta sirene peringatan.

"Sudah lama sudah lebih dari enam bulan rusaknya. Sudah sering kita laporkan ke Dishub kabupaten dan Polsuska itu ya sering kita lapori," ujarnya.

Namun, kata dia, hingga kini tidak kunjung ada perbaikan.

Chusana mengatakan, menurut pihak Dishub Kabupaten Blitar, perawatan dan perbaikan perlintasan tanpa palang pintu itu merupakan kewenangan Dishub Provinsi Jawa Timur. 

https://surabaya.kompas.com/read/2022/01/10/132212478/kalau-sirene-dan-lampu-mati-mending-dirobohkan-saja-tiangnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke