Salin Artikel

Banjir Mulai Surut, SD di Lamongan Kembali Gelar PTM 100 Persen

Salah satu guru SDN Sidomulyo Fery Ilham mengatakan, sudah beberapa hari terakhir siswa dianjurkan kembali ke sekolah guna mengikuti PTM 100 persen.

Kebijakan ini sudah mulai dilaksanakan, seiring air banjir yang berangsur mulai surut, meski di halaman sekolah air tampak masih menggenang.

"Ketika banjir masuk ke dalam ruangan kelas, kami liburkan. Ini tinggal halaman saja dan kebetulan PTM 100 persen diberlakukan, maka kami anjurkan siswa untuk masuk," ujar Fery kepada awak media di SDN Sidomulyo, Sabtu (8/1/2021).

Fery menjelaskan, kendati air saat ini tinggal menggenangi halaman sekolah dan tidak sampai masuk ke ruangan kelas, namun para siswa tetap harus menyesuaikan.

Apalagi lokasi SDN Sidomulyo berhadapan langsung dengan aliran Bengawan Njero.

"Anak-anak tetap mengenakan sepatu. Hanya saja sepatunya ditaruh di sekolah, sementara mereka pulang dan berangkat ke sekolah memakai sandal," ucap Fery.

Pemerintah Desa (Pemdes) setempat, kata Fery, juga sangat membantu sehingga agenda PTM 100 persen dapat terlaksana.

"Insyaallah aman. Ini juga sudah dibantu Pemdes dan kepala dusun untuk pengurukan jalan dengan medium pedel," kata Fery.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Lamongan Munif Syarif saat dihubungi mengatakan, tidak memaksakan kepada pihak sekolah yang masih terendam banjir untuk menggelar PTM 100 persen.

Sebab bila kondisi dirasa masih tidak memungkinkan, pembelajaran bisa dilakukan secara daring maupun berkelompok di salah satu tempat yang memungkinkan.

"Bagi yang sudah masuk dan PTM 100 persen, kami tetap mengingatkan untuk sebisa mungkin mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan," tutur Munif.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/01/09/071800178/banjir-mulai-surut-sd-di-lamongan-kembali-gelar-ptm-100-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke