Salin Artikel

Belum Genap Sepekan di Awal Tahun, 6 Kasus DBD Ditemukan di Sampang

Dalam kurun waktu lima hari di awal Januari ini, sudah ada 6 kasus DBD dan pasiennya dirawat oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sampang.

Syamsul Hidayat, Kepala Seksi Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Sampang menjelaskan, 6 kasus di awal tahun itu masih masuk kategori ringan.

Peningkatan kasus biasanya terjadi di pertengahan bulan Februari, jika mengacu kepada pengalaman tahun-tahun sebelumnya.

"Kalau di awal-awal musim hujan, jumlah kasus masih relatif sedikit. Namun ketika sudah masuk di pertengahan musim hujan, biasanya puncak DBD terjadi," ujar Syamsul saat dihubungi melalui telepon seluler Kamis (6/1/2022).

Jumlah kasus fluktuatif

Menurut Syamsul, jumlah kasus DBD yang terjadi di Kabupaten Sampang dari tahun ke tahun fluktuatif. Tahun 2019 lalu, jumlah kasus DBD hanya 152 kasus.

Di tahun 2020 kemudian meningkat drastis menjadi 229 kasus. Kemudian di tahun 2021 menurun menjadi 208 kasus.


Tingginya kasus di tahun 2020, kata Syamsul, erat kaitannya dengan pandemi Covid-19.

Mayoritas masyarakat yang menjalani isolasi di rumah, banyak terkena DBD.

Selain karena isolasi di rumah, perilaku hidup bersih masyarakat yang tidak dijaga, juga menjadi penyebab tingginya kasus DBD dua tahun terakhir.

"Tahun-tahun sebelumnya, DBD tidak begitu diperhatikan karena masyarakat panik dengan penyebaran covid-19 sehingga kasusnya tinggi," ungkap Syamsul.

Selama kurun waktu 2 tahun terakhir, Kecamatan Kota Sampang yang paling banyak menyumbang kasus.

Menurut Syamsul, meskipun di lingkungan perkotaan relatif bersih, namun saluran air dan genangan air, menjadi penyebab tingginya kasus DBD.

"Walaupun kasusnya tinggi, namun untuk jumlah kematian akibat DBD di tahun 2021 kemarin nihil," tandasnya. 

Oleh sebab itu, pihaknya tidak henti-hentinya mengajak kepada masyarakat untuk mewaspadai penyebaran DBD dengan cara menerapkan 3 M, Menguras Menutup dan Mengubur benda yang dapat menimbulkan jentik nyamuk. 

https://surabaya.kompas.com/read/2022/01/06/195148178/belum-genap-sepekan-di-awal-tahun-6-kasus-dbd-ditemukan-di-sampang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke