Salin Artikel

BPBD Gresik Sebut Tinggi Banjir Rob hingga 50 Sentimeter, Rendam Rumah Warga di 8 RT

GRESIK, KOMPAS.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik, Jawa Timur, mencatat, ketinggian maksimal banjir rob yang terjadi di Desa Banyuwangi, Kecamatan Manyar, Gresik setinggi 50 sentimeter.

Air laut setinggi itu terjadi di akses jalan di area perkampungan. Di lokasi itu, air laut menggenang setinggi 30 hingga 50 sentimeter sepanjang 2.000 meter.

Sementara itu, rumah warga yang terendam tersebar di delapan RT. Ketinggian air di lokasi itu mencapai 20 hingga 30 sentimeter.

Tempat ibadah di desa itu juga tergenang dengan ketinggian 10 hingga 20 sentimeter. Selain itu, dua sekolah juga ikut tergenang setinggi 20 hingga 30 sentimeter. Satu fasilitas kesehatan juga tergenang dengan ketinggian 20 hingga 30 sentimeter.

"Dari tim yang sudah melakukan asesmen bersama pihak kecamatan dan desa, air mulai menggenangi perkampungan itu sekitar pukul 22.00 WIB," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik, Tarso Sagito saat dihubungi, Rabu (5/1/2022).

Tarso mengatakan, banjir rob itu sudah tiga hari terjadi. Meski begitu, banjir yang terjadi tidak berlangsung lama. Saat memasuki dini hari, air berangsur surut seiring dengan perubahan arus laut.

"Sekitar pukul 01.00 WIB dini hari (Rabu dini hari) air berangsur surut dan paginya total sudah tidak ada lagi genangan," kata Tarso.

Aruwan, salah seorang warga Desa Banyuwangi mengatakan, warga di desa itu sudah mengalami banjir rob sejak tiga hari terakhir. Banjir datang saat malam hari dan mulai surut saat memasuki dini hari.

Menurutnya, dari hari ke hari banjir rob semakin membesar.

"Sudah tiga hari ini, yang tadi malam itu lebih besar dari dua hari sebelumnya. Dua hari sebelumnya itu juga sudah banjir, tapi tadi malam lebih besar. Sebab biasanya itu hanya jalan saja yang tergenang, tapi tadi malam sampai ada rumah yang kemasukan air," kata Aruwan saat ditemui di lokasi, Rabu.

Aruwan memprediksi banjir rob bakal terus menyambangi warga di Desa Banyuwangi.

"Kalau orang di sini sudah hafal, kemungkinan nanti malam juga masih ada (banjir) rob, tapi tidak sebesar tadi malam," kata Aruwan.

Diketahui, banjir rob melanda Desa Banyuwangi, Kecamatan Manyar, Gresik, Jawa Timur. Warga memperkirakan banjir rob tersebut akibat reklamasi di kawasan itu.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/01/05/200040678/bpbd-gresik-sebut-tinggi-banjir-rob-hingga-50-sentimeter-rendam-rumah-warga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke