Salin Artikel

Banjir Rob Rendam Jalan dan Rumah di Gresik, Diduga Akibat Reklamasi

GRESIK, KOMPAS.com - Banjir rob sempat melanda Desa Banyuwangi, Kecamatan Manyar, Gresik. Akibatnya, akses jalan yang ada di perkampungan, tempat ibadah hingga rumah warga, sempat terendam air.

Aruwan salah seorang warga mengatakan, banjir rob terjadi sejak tiga hari terakhir. Rob terakhir kali terjadi pada Selasa (4/1/2021) malam.

Menurutnya, banjir rob tersebut lebih besar daripada yang terjadi pada dua hari sebelumnya.

Banjir rob itu merendam perkampungan ketika laut sedang pasang pada malam hari. Air akan surut ketika arus laut juga surut pada pagi atau siang hari.

"Sudah tiga hari ini, yang tadi malam itu lebih besar dari dua hari sebelumnya. Dua hari sebelumnya itu juga sudah banjir, tapi tadi malam lebih besar. Sebab biasanya itu hanya jalan saja yang tergenang, tapi tadi malam sampai ada rumah yang kemasukan air," ujar Aruwan saat ditemui di lokasi, Rabu (5/1/2022).

Bagi Aruwan dan warga Desa Banyuwangi, banjir rob sudah rutin dialami setiap tahun. Apalagi setelah banyak tambak warga yang dijual dan berubah menjadi pelabuhan, pabrik hingga area pergudangan.

"Kalau warga di sini memang sudah biasa kena banjir rob. Tapi dulu kan masih banyak tambak, jadi imbasnya itu tambak yang kebanjiran. Kalau sekarang kan banyak yang sudah dijual, kemudian diuruk (reklamasi) oleh pemilik barunya buat pabrik, gudang, pelabuhan," kata Aruwan.

Sekretaris Desa Banyuwangi, Muhammad Shobirin mengatakan, air mulai memasuki perkampungan sekitar pukul 22.00 WIB dan sempat membesar. Namun memasuki dini hari, air berangsur surut seiring dengan pergerakan arus laut. Air di perkampungan surut total ketika pagi hari.

"Tadi malam itu yang ketiga kalinya, dengan air sampai menggenangi mushala. Dua hari sebelumnya tidak sampai. Tapi tadi malam, air sudah menggenangi mushala setinggi mata kaki orang dewasa," kata Shobirin.


Shobirin mengatakan, dari 467 rumah di perkampungan itu, sekitar 80 persen yang terdampak banjir rob itu.

"Dari 467 rumah, sekitar 80 persen terdampak meski tidak parah. Sebab dini hari air sudah mulai surut, dan bahkan pagi hari sudah tidak ada lagi genangan di kampung," tutur Shobirin.

Sesuai perkiraan BMKG

Camat Manyar, M Nadlela membenarkan kejadian banjir rob yang dialami warga di Desa Banyuwangi. Menurutnya, banjir tersebut sesuai dengan prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). BMKG sempat mengimbau warga supaya waspada terhadap ancaman banjir rob akibat gelombang pasang air laut.

"Tidak lama, sekitar dua atau tiga jam kemudian berangsur surut. Tapi kata warga memang tadi malam yang paling parah dari dua hari sebelumnya. Karena ketinggian air itu ada yang dikatakan sampai hampir 30 sentimeter," kata Nadlela.

Nadlela menambahkan, warga melalui pihak pemerintah desa setempat sedang mengajukan pembangunan tanggul penahan air kepada Dinas Pekerjaan Umum Gresik. Harapannya, tanggul tersebut dapat meminimalisir, bahkan mampu mencegah terjadinya banjir rob.

Soroti reklamasi

Anggota DPRD Gresik, Musa justru menyoroti kebijakan pemerintah dalam memberikan izin reklamasi dan pemanfaatan pantai. Musa yang tinggal di Kecamatan Manyar menilai, banjir rob yang melanda Desa Banyuwangi hingga memasuki rumah warga salah satunya disebabkan oleh reklamasi.

"Ini peringatan kepada kita semua, khususnya pemerintah. Sebab dampak reklamasi pantai dan climate change (perubahan iklim) makin nyata di depan mata. Sehingga pemerintah harus tegas dalam menjaga lingkungan, demi anak cucu," jelas Musa.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/01/05/185845378/banjir-rob-rendam-jalan-dan-rumah-di-gresik-diduga-akibat-reklamasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke