Salin Artikel

Pasien Omicron di Jatim Warga Surabaya, Baru Pulang dari Bali

SURABAYA, KOMPAS.com - Satgas Covid-19 Jawa Timur mendeteksi adanya kasus Covid-19 varian Omicron.

Pasien yang terinfeksi varian Omicron itu merupakan warga Surabaya. Dia terinfeksi setelah pulang dari Pulau Bali.

Namun, pihak Satgas belum memberikan data lengkap terkait riwayat penularan varian Omicron tersebut.

"Data-datanya sedang kami kumpulkan. Ini memang tak terelakkan karena salah satu karakter varian ini adalah penularannya sangat cepat," kata Juru Bicara Satgas Kuratif Covid-19 Jawa Timur, dr Makhyan Jibril Alfarabi saat dikonfirmasi melalui pesan Whatsapp oleh Kompas.com, Minggu (2/01/2022).

Jibril mengatakan, adanya kasus Omicron yang menjangkiti warga Surabaya itu diketahui melalui pernyataan dari Ketua Institute of Tropical Disease (ITD) dan tim peneliti dari Universitas Airlangga (Unair) Prof dr Maria Lucia Inge Lusida. Mereka membenarkan bahwa ada whole genome Omicron yang terdeteksi di Jatim.

"Iya benar, sebagaimana sudah disampaikan oleh ITD Unair, varian Omicron sudah terdeteksi di wilayah Jawa Timur," kata Jibril.

Jangan panik dan jangan diremehkan

Jibril meminta agar masyarakat Jatim tidak panik dengan kabar tersebut. Namun pihaknya meminta supaya masyarakat tetap waspada dan disiplin menjalankan protokol kesehatan Covid-19.

"Tetap waspada, tapi jangan perkembangan ini membuat kita panik. Sejauh ini varian Omicron belum menunjukkan karakter yang membahayakan nyawa pasien, terutama pasien yang sudah mendapatkan vaksin," kata Jibril.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Timur, Dr Erwin Ashta Triyono mengatakan, varian Omicron adalah virus yang tabiatnya masih belum jelas, sehingga perlu waktu untuk terus mempelajarinya.


Namun demikian, pihaknya meminta masyarakat tidak meremehkan masuknya varian Omicron ke Jawa Timur.

"Memang data-data virus ini masih dinamis. Meskipun demikian kami berharap semua warga Jatim tidak meremehkan virus varian baru ini, tetap jaga prokes dan segera vaksin," katanya.

Sementara itu, berdasarkan data Satgas Covid-19 Jatim per tanggal 1 Januari 2022. Total kasus aktif Covid-19 tercatat sebanyak 98 orang dari total kasus sebanyak 400.081. Sisanya, meninggal sebanyak 29.746 orang dan sembuh sebanyak 370.237 orang.

Sumber Kompas.com (Penulis Kontributor Surabaya, Muchlis | Editor Andi Hartik)

 

https://surabaya.kompas.com/read/2022/01/02/160536378/pasien-omicron-di-jatim-warga-surabaya-baru-pulang-dari-bali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke