Salin Artikel

Petugas Damkar Lamongan Evakuasi Sarang Tawon Vespa dari Atap Rumah Warga

Kabid Damkar Lamongan Amri mengatakan, evakuasi terhadap sarang tawon vespa tersebut berlangsung Selasa (28/12/2021) malam kemarin sekitar pukul 21.00 WIB.

Sarang tawon vespa tersebut dievakuasi dari atap rumah milik Rokhim Afandi (25) di Desa Made, Kecamatan Lamongan Kota.

"Satu regu berjumlah tujuh orang petugas, diturunkan untuk melakukan evakuasi sarang tawon tersebut," ujar Amri, saat dihubungi, Rabu (29/12/2021).

Amri menambahkan, butuh waktu dan kerja keras dari petugas untuk dapat melakukan evakuasi sarang tawon vespa tersebut.

Terlebih sarang tawon tersebut memiliki ukuran besar, dan juga medan yang menyulitkan petugas dalam melaksanakan evakuasi.

"Alhamdulillah evakuasi sarang tawon berjalan lancar aman dan sukses. Selesai penanganan sekitar pukul 21.30 WIB," kata Amri.

Dari awal Bulan Desember hingga hari ini, petugas Damkar Lamongan yang terbagi dalam empat wilayah, total mencatat telah menangani sebanyak lima kali melakukan evakuasi terhadap sarang tawon.

Sementara mulai awal 2021 hingga saat ini, total menangani sebanyak 88 kali evakuasi sarang tawon yang ada di seluruh Lamongan.

Vespa affinis merupakan tawon predator yang memangsa larva serangga lain, seperti hama pertanian. Sengatan dan racun yang dimiliki, sebenarnya dipakai untuk pertahanan atau melindungi diri dan kelompoknya yang diganggu.

https://surabaya.kompas.com/read/2021/12/29/164140378/petugas-damkar-lamongan-evakuasi-sarang-tawon-vespa-dari-atap-rumah-warga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke