Salin Artikel

Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Sejumlah Pohon di Gresik dan Lamongan Bertumbangan

Beruntung, tak ada korban jiwa akibat peristiwa tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik Tarso Sagito mengatakan, sejumlah pohon di pinggir ruas jalan area perkotaan maupun pinggiran kota Gresik roboh.

"Kemarin memang ada beberapa pohon yang tumbang, seperti di Jalan Arief Rahman Hakim, Jalan Sunan Giri, di Randuagung juga," ujar Tarso, saat dihubungi Senin (27/12/2021).

Akibatnya aktivitas di sekitar jalan raya sempat tersendat imbas pohon tumbang.

Namun tim yang turun ke lokasi dibantu warga, kata Tarso, sudah berhasil membersihkan material pohon dari jalanan.

Begitu pula dengan pohon yang roboh dan menimpa rumah warga juga sudah dievakuasi.

"Untuk kerusakan parah (rumah) tidak ada, hanya kerusakan ringan. Sudah dievakuasi, dan alhamdulillah tidak sampai ada korban jiwa," ucap Tarso.

Pohon tumbang di Lamongan

Wilayah Kabupaten Lamongan juga dilanda hujan dan angin kencang yang mengakibatkan beberapa pohon tumbang, tepatnya di Kecamatan Glagah dan Karangbinangun.

Dari laporan yang diterima BPBD Lamongan, hujan disertai angin kencang pada Minggu sekitar pukul 17.55 WIB, mengakibatkan 25 pohon besar di Kecamatan Glagah dan Karangbinangun roboh.

Terdapat pohon tumbang dan sempat menutup akses jalan, hingga yang mengenai bangunan dan rumah warga.

"Pohon yang tumbang, ada yang mengarah ke jalan dan ada yang menimpa rumah warga. Beberapa rumah warga rusak ringan, tapi tidak sampai ada korban," tutur Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Lamongan Muhammad Muslimin, saat dikonfirmasi terpisah.

Pasca-kejadian, BPBD Lamongan bersama dengan instansi terkait dibantu warga melakukan evakuasi dan kerja bakti, membersihkan pohon yang tumbang ke jalan serta perumahan warga.

Akses jalan yang semula sempat terganggu pun kembali lancar.

https://surabaya.kompas.com/read/2021/12/27/153624078/hujan-deras-disertai-angin-kencang-sejumlah-pohon-di-gresik-dan-lamongan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke