Salin Artikel

Jalur Alternatif agar Terhindar dari Macet Jalur Pantura Lamongan yang Sedang Diperbaiki

Agar terhindar dari kemacetan, Kepolisian Resor Lamongan tidak sekadar melakukan pengamanan, tapi juga menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas bagi para pengguna jalan.

Kasatlantas Polres Lamongan AKP Aristianto Budi Sutrisno mengatakan, belum tuntasnya agenda perbaikan jalan poros nasional tersebut berimbas pada kepadatan volume kendaraan di sekitar lokasi.

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada para pengendara yang tidak ingin terjebak kemacetan, agar menggunakan jalur alternatif.

"Bagi pengguna jalan dari arah Gresik menuju Lamongan, bisa menggunakan jalur alternatif dari Terminal Bunder menuju Kecamatan Cerme lanjut Balongpanggang. Kemudian masuk Mantup, Lamongan," ujar Aris, Senin (27/12/2021).

Sementara bagi pengendara dari arah Gresik menuju Kabupaten Tuban, disarankan oleh Aris dapat melalui Kecamatan Manyar di Gresik menuju Kecamatan Paciran di Lamongan menggunakan Jalur Daendels. 

Dari jalur itu pengguna jalan bisa terus mengarah hingga Tuban dengan menyusuri jalan pinggiran pantai utara.

Untuk pengendara dari Kabupaten Bojonegoro tujuan Surabaya, dapat melalui jalur alternatif Babat ke selatan arah Jombang, Mojokerto dan ke Surabaya.

Sedangkan dari Babat menuju Surabaya, bisa menggunakan jalur alternatif pertigaan Pucuk menuju utara Jalan Raya Daendels, Tol Manyar di Gresik dan menuju Surabaya.

"Untuk Babat menuju Surabaya, selain melalui simpang tiga Pucuk, juga bisa melalui simpang tiga Sumlaran ke Jalan Raya Daendels, kemudian menuju tol Manyar dan ke Surabaya," ucap Aris.


Aris menambahkan, untuk kelancaran arus lalu lintas dan pengguna jalan, Satlantas Polres Lamongan juga membuka saluran telepon khusus yang disediakan untuk memandu dan menginformasikan jalur-jalur alternatif, yang bisa dipakai pengguna jalan jika terjebak kemacetan.

Dengan saluran telepon ini, dipegang langsung oleh operator dari pihak kepolisian setempat.

"Kami juga membuka kontak person, terkait masalah arus lalu lintas di jalur poros tengah, dengan masyarakat bisa menghubungi nomor 081216518881," kata Aris.

Aris bersama jajaran Satlantas Polres Lamongan juga sudah melihat dan sempat melakukan peninjauan di lokasi perbaikan jalan poros nasional, Minggu (26/12/2021) kemarin.

Tepatnya di Desa Pandanpancur yang termasuk Kecamatan Deket, yang berbatasan dengan Kecamatan Duduksampeyan di Kabupaten Gresik.

"Semoga perbaikan jalur poros Lamongan-Gresik cepat selesai dan arus lalu lintas kembali normal, sehingga tidak perlu bermacet-macetan lagi. Silahkan manfaatkan jalur alternatif yang telah kami sediakan, semoga perjalanannya lancar dan selamat sampai tujuan," tutur Aris.

https://surabaya.kompas.com/read/2021/12/27/125541478/jalur-alternatif-agar-terhindar-dari-macet-jalur-pantura-lamongan-yang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke