Salin Artikel

Gempa M 3,4 Terjadi di Kota Batu, Tidak Dirasakan Guncangan

KOMPAS.com - Gempa bermagnitudo 3,4 terjadi di Kota Batu, Jawa Timur, Jumat (24/12/2021) pukul 18.14 WIB. Tidak dirasakan guncangan akibat gempa tersebut.

"Iya (ada gempa M 3,4, tapi tidak dirasakan," kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Karangkates Malang, Ma'muri melalui pesan singkat, Jumat malam.

"Sampai saat ini tidak ada info dirasakan," imbuhnya.

Berdasarkan data dari BMKG, lokasi gempa berada pada 7,80 derajat Lintang Selatan dan 112,47 derajat Bujur Timur atau 8 kilometer arah barat laut Kota Batu di kedalaman 5 kilometer.

Terjadi 17 gempa selama sepekan

Sementara itu, berdasarkan catatan BMKG Stasiun Geofisika Karangkates, terdapat 17 kejadian gempa di Jawa Timur dalam sepekan terakhir. Kebanyakan titik gempa berada di laut selatan Jawa Timur. Namun, dari 17 kejadian gempa itu tidak ada yang memicu guncangan yang dirasakan oleh masyarakat.

"Pada periode 17 sampai 23 Desember 2021 di wilayah Jawa Timur dan sekitarnya terjadi 17 kejadian gempa bumi dan tidak ada kejadian gempa yang dirasakan," kata Ma'muri melalui keterangan tertulis.

Magnitudo terbesar dari 17 kejadian gempa itu M 4,5 dan terkecil M 2,1. Sebanyak 15 kejadian termasuk gempa dangkal dan dua kejadian sisanya termasuk kategori gempa menengah.

Selama periode itu, frekuensi kejadian gempa terbanyak terjadi pada tanggal 18 Desember. Saat itu terjadi lima kali gempa.

"Kejadian gempa bumi disebabkan oleh aktivitas pertemuan lempeng tektonik Indo-Australia dengan lempeng Eurasia serta aktivitas patahan lokal," ungkapnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2021/12/24/205723478/gempa-m-34-terjadi-di-kota-batu-tidak-dirasakan-guncangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke