Salin Artikel

Khofifah: Jangan Rayakan Libur Natal dan Tahun Baru Berlebihan

SURABAYA, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta warganya supaya tidak menyambut libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 dengan euforia berlebihan. Dia berharap, warga Jawa Timur merayakan libur akhir tahun secara sederhana.

"Kalau bisa jangan dirayakan berlebihan, sederhana saja, karena varian baru Covid-19 masih menjadi ancaman," kata Khofifah di Gedung Grahadi Surabaya, Kamis (23/12/2021).

Tidak hanya itu, warga juga diminta membatasi mobilitas. Sebab berdasarkan pada pengalaman masa libur tahun lalu, terjadi lonjakan kasus Covid-19 pada 14 hari kemudian.

"Di manapun wajib waspada, protokol kesehatan harus tetap dijaga," tegasnya.

Berdasarkan survei Balitbang Kementerian Perhubungan pada Desember 2021, diperkirakan ada pergerakan masyarakat jelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 sekitar 11 juta orang atau 7,1 persen.

"Akan tetapi, pemerintah daerah memastikan pergerakan tidak terlalu tinggi mengingat pemerintah pusat telah meniadakan cuti bersama, termasuk melakukan penyekatan dan penjagaan di sektor transportasi dan pariwisata," jelas Khofifah.

Apalagi, sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat pada masa Natal dan tahun baru melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri (Imendagri) nomor 66 Tahun 2021 terus digencarkan.

Imendagri tersebut berisi imbauan untuk tidak melakukan perjalanan kalau tidak sangat mendesak. Warga juga diimbau untuk melakukan silaturahmi secara virtual dan menghindari kerumunan.

Selain itu, masyarakat juga diwajibkan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Bagi yang melakukan perjalanan jarak jauh, baik menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi wajib sudah menjalani vaksinasi lengkap dan tes cepat antigen dengan hasil negatif dengan masa berlaku 1x24 jam yang tersambung dengan aplikasi PenduliLindungi.

https://surabaya.kompas.com/read/2021/12/23/200709978/khofifah-jangan-rayakan-libur-natal-dan-tahun-baru-berlebihan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke