Salin Artikel

Konflik Bupati dan Wabup Bojonegoro, PDI-P: Dulu Maju Pilkada Baik-baik, Ini Harus Diselesaikan Baik-baik

Dewan Pengurus Daerah PDI-Perjuangan Jawa Timur sedang mengupayakan langkah mendiasi untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Sekretaris DPD PDI-Perjuangan Jatim Sri Untari Bisowarno mengatakan, masalah antara kepala daerah itu harus diselesaikan secara baik-baik.

"Kan kita dulu saat maju di Pilkada Bojonegoro baik-baik, maka jika ada seperti ini harus diselesaikan dengan baik-baik juga," kata Sri Untari saat menghadiri Rakernas II Dewan Koperasi Indonesia di Surabaya, Rabu (6/10/2021) malam.

Sri menjelaskan, dengan kondisi pandemi Covid-19, kepala daerah seharusnya kompak dan berkolaborasi untuk menyelesaikan masalah di wilayahnya.

"Perlu kondisi yang tenang dan nyaman untuk mengawal masyarakat agar bangkit dari situasi pandemi," jelasnya.

Menurutnya, PDI-P Jatim telah membentuk tim mendalami masalah kedua kepala daerah itu. Ia berharap, hubungan bupati dan wabup itu kembali normal.

"Tim sedang mendalami, mudah-mudahan semua bisa kembali normal," terang perempuan yang juga menjabat Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia ini.

Sebelumnya, Budi Irawanto mengadukan Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah ke polisi atas dugaan pencemaran nama baik.


Wabup Wawan tersinggung dengan pernyataan Anna di grup WhatsApp "Jurnalistik dan Informasi". Terdapat ratusan anggota dalam grup itu, terdiri dari pejabat Forkopimda, OPD, DPRD, dan jurnalis di Bojonegoro.

Wawan mengaku terpaksa membuat surat pengaduan ke polisi karena menilai tindakan Anna sudah di luar batas kewajaran dan kesabarannya.

Laporan dugaan pencemaran nama baik dan fitnah terhadap pribadi maupun keluarga itu diserahkan ke Polres Bojonegoro pada 9 September 2021.

Menurut Wawan, chat yang dilontarkan Anna dalam grup publik itu sangat merugikannya. Wawan menilai pernyataan itu sebagai fitnah untuk menyerang pribadi dan keluarganya.

Bahkan, kata Wawan, chat itu juga disebarkan Anna ke grup WhatsApp lainnya, seperti grup yang berisi para camat di Kabupaten Bojonegoro.

(KOMPAS.com/Kontributor Surabaya, Achmad Faizal)

https://surabaya.kompas.com/read/2021/10/07/154200078/konflik-bupati-dan-wabup-bojonegoro-pdi-p-dulu-maju-pilkada-baik-baik-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke