Salin Artikel

Bupati Sidoarjo: Pasien Covid-19 yang Isoman Jangan Takut Dipindahkan ke Tempat Isoter

Kebijakan itu diambil untuk memutus penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sidoarjo.

"Masyarakat diminta tidak takut untuk pindah ke isoter. Sebab, fasilitas yang disediakan terjamin. Mulai dari makanannya, pemenuhan gizi dan vitamin serta tenaga kesehatannya disediakan semua," kata Gus Muhdlor di Sidoarjo seperti dikutip dari Antara, Kamis (19/8/2021).

Gus Muhdlor mengatakan, Pemkab Banyuwangi akan bergerak aktif menjemput pasien isoman.

"Ini yang mungkin masyarakat sedikit ketakutan. Kami pastikan fasilitas yang ada di tempat sangat mumpuni," ujarnya.

Gus Muhdlor menambahkan, isolasi terpusat akan menekan case fatality rate (CFR) atau kasus angka kematian akibat Covid-19.

Menurutnya, CFR meningkat karena faktor keterlambatan pengananan kesehatan warga yang sedang isoman. Beberapa kasus kematian, kata dia, pasien tiba di rumah sakit saat kondisi sudah buruk.

"Ketika berada di isoter-isoter ini, dengan adanya perawat dan nakes yang ada, hal-hal seperti itu dapat dihindari," ucapnya.

Gus Muhdlor menekankan, terinfeksi Covid-19 bukan aib. Oleh karena itu, pasien positif Covid-19 lebih baik dirawat di tempat isoter agar tidak menularkan ke keluarga.


Pemkab Sidoarjo menyediakan sembilan lokasi isoter yang tersebar berbagai tempat dengan kapasitas seluruhnya mencapai 480 tempat tidur.

"Di tingkat kecamatan lewat Danramil, Kapolsek serta Camat, bertiga menjadi leading sektor di tingkat kecamatan akan melakukan penjemputan dan diarahkan ke isoter terdekat, datanya dari bidan desa atau lurah setempat," katanya.

Ia mengkhawatirkan warga yang sedang isoman menjadi penyebab klaster baru, yakni klaster keluarga.

Menurutnya, klaster baru seperti ini harus diantisipasi dengan melakukan pemindahan, apalagi penyebaran Covid-19 varian delta sangat cepat penularannya.

"Bayangkan ada rumah kecil sepetak enam orang, kemudian salah satunya positif dan tidak diambil, saya yakin enam-enamnya juga positif karena penyebaran COVID-19 varian delta ini cukup cepat," ujarnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2021/08/19/195748978/bupati-sidoarjo-pasien-covid-19-yang-isoman-jangan-takut-dipindahkan-ke

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke