Salin Artikel

2.626 Pasien Positif Covid-19 di Kabupaten Malang Jalani Isolasi Mandiri

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang drg Arbani Mukti Wibowo mengatakan, ribuan warga terkonfirmasi positif Covid-19 itu menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

"Hingga 25 Juli 2021, yang masih isoman itu kurang lebih 2.626 orang. Itu yang isoman di masing-masing rumah," kata Arbani di Kabupaten Malang seperti dikutip dari Antara, Selasa (27/7/2021).

Arbani menjelaskan, sebagian besar warga yang menjalani isolasi mandiri itu merupakan pasien berusia produktif.

Berdasarkan catat Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, 43,2 persen yang menjalani isolasi mandiri berusia 20-44 tahun.

Kemudian, sebanyak 21,2 persen dari 2.626 orang yang melakukan isolasi mandiri itu, berusia 45-53 tahun, dan untuk usia 5-9 tahun sebanyak 1,7 persen.

Dinas Kesehatan Kabupaten Malang akan terus memantau kondisi warga yang menjalani isolasi mandiri itu.

"Paling banyak di usia produktif, antara 20-50 tahun, sebanyak 43,2 persen, dan yang paling sedikit adalah usia 5-9 tahun yakni 1,7 persen," ujarnya.

Arbani menambahkan, bed occupancy rate (BOR) di rumah sakit rujukan Covid-19 di Kabupaten Malang bersifat fluktuatif.


Saat ini, BOR rumah sakit rujukan Covid-19 di Kabupaten Malang mencapai 87 persen.

"Kemarin kita turun, akan tetapi, bisa naik lagi apabila masyarakat tidak menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin. Untuk ruang Intensive Care Unit (ICU), keterisian 88 persen, dan isolasi biasa non-ICU 87 persen," katanya.

Saat ini, penghitungan data pasien positif Covid-19 di Kabupaten Malang telah menggunakan New All Record (NAR) milik Kementerian Kesehatan.

NAR merupakan sistem data base milik Kementerian Kesehatan yang mencatat hasil tes usap berbasis polymerase chain reaction (PCR) atau tes cepat antigen, dari seluruh laboratorium dan klinik yang telah terafiliasi dengan Kementerian Kesehatan.

"Untuk data, sudah auto rilis dari kementerian pusat. Semua laboratorium yang bisa memeriksa PCR, itu langsung masuk NAR, ditambah dari puskesmas bila melakukan tracing. NAR bukan hanya PCR, tapi juga tes antigen sudah dinyatakan positif," tambahnya.

Tercatat 8.423 kasus positif Covid-19 tercatat di Kabupaten Malang hingga Selasa. Rinciannya, 4.483 pasien sembuh, 374 orang meninggal, dan sisanya berada dalam perawatan.

https://surabaya.kompas.com/read/2021/07/27/190844078/2626-pasien-positif-covid-19-di-kabupaten-malang-jalani-isolasi-mandiri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke