Salin Artikel

Vaksinasi Covid-19 di Jatim, Gubernur Khofifah: Kendala Saat Ini Masih Pasokan...

"Kendala saat ini masih pasokan (vaksin)," katanya di Pondok Pesantren Modern Al Amanah, Krian, Sidoarjo, Jatim, seperti dikutip dari Antara Jumat (16/7/2021).

Khofifah menambahkan, kabupaten dan kota di Jawa Timur sedang bersemangat menggelar vaksinasi di berbagai daerah.

"Kami bangun semangat bersama supaya pada tanggal 17 Agustus 2021 capaian vaksinasi di Jawa Timur bisa sampai 70 persen untuk membentuk kekebalan bersama," ujarnya.

Menurut Khofifah, vaksinasi di Jawa Timur masih sekitar 21 persen dari total populasi. Pemprov Jatim mendorong kabupaten kota menggenjot pelaksanaan vaksinasi.

"Kami harapkan ada percepatan pasokan vaksin dari Jakarta karena kabupaten kota saat ini masih semangat luar biasa dan diperlukan kepastian droping vaksin dari Jakarta," katanya.

Saat ini, Pemprov Jatim hanya melakukan koordinasi pembagian vaksin karena setiap kabupaten dan kota telah memiliki jatah.

"Jadi saat dikirim sudah ada tulisannya untuk Sidoarjo berapa, untuk Surabaya berapa. Kalau Surabaya mampu 50.000 maka pasokan harus cukup dan bisa digunakan di puskesmas," ucapnya.

Pada kesempatan itu, Khofifah menghadiri pelaksanaan vaksinasi di Pondok Pesantren Al Amanah Sidoarjo.


Khofifah mengapresiasi vaksinasi terhadap 2.500 santri di pondok tersebut.

"Kalau di Jatim, SMA, SMK, SLB, MAN itu jumlahnya 1,3 juta dan kalau remaja usia 12 tahun sampai 17 tahun ada 3,5 juta. Sekarang yang harus dibangun percepatan vaksinasi oleh kota kabupaten," ucapnya.

Sementara itu, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali mengatakan, ada dua hal yang perlu dilakukan untuk mengatasi permasalahan Covid-19 ini, yaitu hulu berupa pemberian vaksin dan juga hilir penanganan di rumah sakit.

"Karena bagaimanapun penanganan di hilir, tidak akan berhasil secara maksimal jika hulunya tidak ditangani secara cermat. Vaksinasi inilah yang harus dilakukan untuk meningkatkan kekebalan bersama," katanya.

https://surabaya.kompas.com/read/2021/07/16/233556778/vaksinasi-covid-19-di-jatim-gubernur-khofifah-kendala-saat-ini-masih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke