Salin Artikel

Pesta Sabu di Hotel, 5 Anggota Polrestabes Surabaya Ditangkap, Ini Barang Bukti yang Ditemukan

KOMPAS.com - Lima anggota polisi bersama tiga warga sipil digerebek saat menggelar pesta sabu di sebuah hotel di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (29/4/2021) dini hari.

Para anggota polisi tersebut berasal dari Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Surabaya.

Penangkapan dilakukan oleh Divisi Profesi dan Pengamanan (Divpropam) Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia (Mabes Polri) dan Bidpropam Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur.

Kelima anggota Satresnarkoba Polrestabes Surabaya yang ditangkap adalah Iptu EJ, Iptu MS, Aipda AP, Brigadir S, dan Brigadir PS.

Sedangkan tiga warga sipil yang turut diringkus berinisial CC, D, dan IS.

Dalam penggerebekan itu, polisi mengamankan sejumlah barang bukti, yakni sabu seberat 27,4 gram, 1 pil ekstasi, dan 8 butir pil happy five.

Terkait penangkapan lima anak buahnya, Kepala Satuan Narkoba Polrestabes Surabaya AKBP Memo Ardian mengaku kecolongan.

Saat penangkapan, Memo turut menjalani tes urine dan diperiksa sebagai saksi atas dugaan keterlibatan anggotanya dalam penyalahgunaan narkoba.

"Saya kecolongan ada anggota yang nakal. Ada dua perwira dan satu anggota yang diamankan dan saya dipanggil sebagai saksi. Selaku pimpinan saya harus dampingi anggota saya. Hasil tes urin saya negatif, karena memang saya enggak pakai narkoba," tutur saat dihubungi, Jumat (30/4/2021) malam.

Mengenai penangkapan ini, Kepala Polrestabes Surabaya Kombes Jhonny Edizzon Isir tak menyangkal.

"Saya membenarkan ada penindakan oleh Propam Mabes Polri dan Polda Jatim terhadap warga sipil dan anggota Satreskoba Polrestabes Surabaya," ujarnya di Markas Polrestabes Surabaya, Jumat malam.

Isir menyampaikan lima anggota kepolisian itu tengah diperiksa intensif di Bidpropam Mapolda Jawa Timur.

Apabila terbukti melakukan pelanggaran, lanjut Isir, mereka bakal dijerat dengan pasal pelanggaran kode etik profesi dan pasal pidana penyalahgunaan narkoba.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Surabaya, Achmad Faizal & Ghinan Salman | Editor: Dony Aprian, Khairina)

https://surabaya.kompas.com/read/2021/05/01/110200678/pesta-sabu-di-hotel-5-anggota-polrestabes-surabaya-ditangkap-ini-barang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke