Salin Artikel

Kontes Ikan Bandeng Akan Kembali Digelar, Catat Tanggalnya

Kegiatan lelang dan pasar bandeng sebelumnya sempat absen pada 2020 akibat pandemi Covid-19.

"Kami berharap pasar bandeng, lelang bandeng, dan kontes bandeng tetap terselenggara dalam tradisi tahunan masyarakat Gresik menjelang Idul Fitri. Namun demikian, tentunya suasana dan situasinya berbeda," kata Pj Sekda Gresik, Abimanyu Poncoatmojo Iswinarno, kepada wartawan di Gresik, dikutip dari Antara, Rabu (21/4/2021).

Untuk pembukaan kontes, akan dilakukan di halaman kantor Bupati Gresik, di Jalan Wahidin Sudiro Husodo pada Jumat (7/5/2021) malam dengan disiarkan secara virtual.

Rencananya akan dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

“Kami berharap bandeng peserta kontes ini adalah asli produksi petani Gresik. Kami minta pihak panitia terutama dinas perikanan mengecek betul hal ini. Kami bangga meskipun bandengnya tak terlalu besar tapi hasil petani Gresik asli," kata Abimanyu.

Bandeng pemenang hasil kontes akan dilelang secara virtual kepada masyarakat serta para bupati dan wali kota se-Jawa Timur yang diundang secara daring.


Sementara itu, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani meminta agar tradisi pasar bandeng jangan sampai punah dari Kota Santri.

Meski pandemi, harus tetap dilakukan dengan protokol kesehatan dengan tujuan untuk pemulihan perekonomian masyarakat.

Gus Yani, sapaan akrabnya, juga telah meminta panitia untuk menyiapkan 10 tempat pasar bandeng yang tersebar di 10 lokasi di beberapa kecamatan di Gresik.

Di masing-masing titik pasar akan dilaksanakan kegiatan penjualan bandeng dan pernak-pernik kebutuhan Ramadhan dan Idul Fitri. Kegiatan ini berlangsung mulai 5 sampai 10 Mei 2021.

Sebanyak 10 titik pasar bandeng yaitu di Lapangan Sitarda Ujungpangkah, Alun-alun Sidayu, Lapangan Gembos Bungah, Lapangan Suci Manyar, Areal Pasar Baru Gresik, Lapangan Manunggal Kedamean, Lapangan Klampok Benjeng, Halaman Kecamatan Cerme, Lapangan Menganti, dan Lapangan Duduksampeyan.

https://surabaya.kompas.com/read/2021/04/21/184937878/kontes-ikan-bandeng-akan-kembali-digelar-catat-tanggalnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke