Salin Artikel

Jumlah Korban Meninggal akibat Gempa di Lumajang Jadi 6 Orang

Gempa magnitudo 6,7 yang mengguncang Kabupaten Malang pada Sabtu (10/4/2021), menyebabkan ribuan rumah rusak dan beberapa orang meninggal di Lumajang.

"Memang benar ada penambahan korban meninggal dunia, sehingga ada enam korban yang meninggal dunia akibat gempa," kata Kepala Bidang Kedaruratan, Rehabilitasi, dan Rekontruksi BPBD Kabupaten Lumajang Joko Sambang di Lumajang saat dikutip dari Antara, Selasa (13/4/2021).

Korban terbaru berasal dari Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, yang tertimpa runtuhan bangunan rumah saat gempa. Namun, korban jiwa itu baru dilaporkan ke BPBD Lumajang.

"Korban meninggal tersebut sempat dirawat di Puskesmas Pronojiwo, kemudian dirujuk ke RSUD Pasirian dan meninggal di rumah sakit tersebut," katanya.

Berdasarkan data BPBD Lumajang, enam korban yang meninggal dunia yakni pasangan suami istri Ahmad Fadholi dan Sri Yani warga Desa Tempurejo, Kecamatan Tempursari, yang tertimpa batu besar saat berkendara di Jalur Piket Nol.

Korban meninggal lainnya yakni Juwanto, Nasar, dan Bonangi, warga Desa Kaliuling, Kecamatan Tempursari. Mereka meninggal karena tertimpa reruntuhan bangunan rumah yang roboh akibat gempa.

Korban terakhir yakni Mardiyah (70), warga Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo yang tertimpa reruntuhan bangunan rumah. Nenek ini sempat dibawa ke Puskesmas Pronojiwo dan dirujuk ke RSUD Pasirian.

Ia menjelaskan, BPBD bersama TNI dan Polri masih berupaya membersihkan puing bangunan rumah yang roboh dan rusak berat.

Kegiatan itu dilakukan dengan cara manual dan bantuan alat berat.

"Hari ini kami terus melakukan pembersihan untuk kondisi yang terparah akibat gempa, sehingga perlu alat berat untuk membersihkan puing bangunan rumah warga yang rusak tersebut," ujarnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2021/04/13/172754978/jumlah-korban-meninggal-akibat-gempa-di-lumajang-jadi-6-orang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke