Salin Artikel

Menteri Agama: Target Akhir Mei 2021, Semua Calon Jemaah Haji Sudah Divaksin

Yaqut mengaku telah berbicara dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin terkait hal itu.

"Kami sudah bicara dan bersurat kepada Menteri Kesehatan dan Insya Allah semua jemaah calon haji yang akan berangkat dipastikan sudah divaksin," kata Yaqut di sela kunjungannya di Surabaya, seperti dikutip dari Antara, Jumat (26/3/2021).

Menteri Agama memastikan vaksinasi akan dilakukan kepada seluruh calon jemaah haji. Bukan hanya calon jemaah yang masuk kategori lanjut usia (lansia).

Menurutnya, Arab Saudi telah memberi syarat, siapa pun yang hendak masuk ke wilayah mereka harus sudah divaksin.

"Vaksinasi dilakukan secepatnya. Target pada akhir Mei 2021 semua jemaah calon haji sudah divaksin," ucap dia.

Vaksinasi untuk calon jemaah haji rencananya diberikan secara gratis. Kementerian Agama akan membahas pembiayaan program itu dengan DPR.

"Kami belum berhitung dengan DPR. Itukan (soal pembiayaan, red.) harus berhitung dengan DPR, apakah ditambah atau tidak. Kalau toh ditambah, kami punya dana manfaat yang dikelola Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH)," katanya.


Ia pun membeberkan alasan tak ingin memberatkan calon jemaah terkait biaya vaksin.

"Jadi sebenarnya mekanisme semua bisa diatur supaya jemaah calon haji tidak terberatkan. Tunggu waktu saja bicara dengan DPR. Pemerintah tidak ingin jemaah diberatkan karena situasi pandemi sekarang sudah berat," tutur Yaqut.

Mengenai jadwal pembukaan ibadah haji, Yaqut belum bisa memastikan karena masih menunggu kabar dari Kerajaan Arab Saudi.

Kemenag, kata dia, tetap menjalin komunikasi dengan Arab Saudi terkait penyelenggaraan ibadah haji.

"Kami bicara terus dan mereka sudah melakukan persiapan-persiapan, skenario-skenario, ya kita tunggu saja. Karena yang punya hak membuka haji kan Kerajaan Arab Saudi. Kalau nantinya dibuka kita sudah siap karena semua persiapan teknis sudah dikerjakan. Untuk kuota kami belum tahu, tapi logikanya pasti berkurang," katanya.

https://surabaya.kompas.com/read/2021/03/26/181420478/menteri-agama-target-akhir-mei-2021-semua-calon-jemaah-haji-sudah-divaksin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke