Salin Artikel

Rumah Dirobohkan karena Tak Mampu Bayar Mantan Istri Rp 30 Juta, Kasnan dan Istri Baru Tinggal di Gubuk

Kasnan tak sanggup membayar uang kompensasi sebesar Rp Rp 30 juta yang diajukan mantan istrinya Ainun Jariyah sehingga rumah yang berada di Desa Trowulan, Mojokerto, tersebut dibongkar.

"Minta Rp 30 juta ya saya tidak sanggup. Apalagi pekerjaan saya cuma serabutan. Akhirnya diputuskan dari kesepakatan rumah dibongkar," ungkapnya di lokasi, dikutip dari Surya, Minggu (14/3/2021).

Kasnan sebenarnya tidak ingin rumah satu-satunya yang dibangun di atas tanah warisan itu dibongkar.

Apalagi, dia bersama istri baru dan dua anaknya tinggal di rumah itu.

Namun, karena tak sanggup membayar sehingga rumah itu harus rata dengan tanah. 

"Kenapa tidak dari dulu, kok baru sekarang. Padahal ini rumah jatah anak, tapi ya sudahlah apa boleh buat saya pasrah," kata dia.

Hasil dari pembongkaran rumah seperti kusen pintu, jendela, dan lainnya dibagi oleh kedua pihak.


Sebelumnya diberitakan, Ainun, warga Mojokerto, Jawa Timur, menyewa 10 orang untuk merobohkan rumah gono-gini yang ditempati oleh mantan suaminya Kasnan (50) bersama istri baru.

Ainun sempat minta kompensasi Rp 30 juta jika Kasnan tak meninggalkan rumah gono-gini yang awalnya disepakati untuk putri mereka.

Ainun meminta kompensasi sesuai hak harta gono-gini lantaran ikut membiayai pembangunan rumah dari penghasilan bekerja sebagai penjahit kala itu.

Kenyataannya, rumah tersebut masih ditempati Kasnan dan istri baru setelah 20 tahun mereka bercerai.

Kasnan, kata Ainun tidak sanggup memenuhi kompensasi itu. Padahal dia sudah memberikan waktu lima tahun kepada Kasnan untuk membayar kompensasi uang Rp 30 juta.

Pembongkaran rumah akhirnya dilakukan sesuai dengan kesepakatan bersama yang disaksikan perangkat Desa Trowulan. (Editor Robertus Belarminus)

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul: Wanita di Mojokerto Robohkan Rumah Gono-gini Ditempati Eks Suaminya dan Istri Baru, Sewa 10 Orang" (SURYA.CO.ID/MOHAMMAD ROMADONI)

https://surabaya.kompas.com/read/2021/03/16/054500978/rumah-dirobohkan-karena-tak-mampu-bayar-mantan-istri-rp-30-juta-kasnan-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke