Salin Artikel

Jembatan Kweden Roboh, 8 Tahun Tak Direhab karena Terlihat Kokoh

Ternyata sudah delapan tahun jembatan ini tak pernah direhab.

“Kurang lebih delapan tahun (belum pernah direhab),” ungkap Pelaksana Harian (Plh) Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nganjuk, Nafhan Tohawi, Sabtu (13/3/2021).

Jembatan Kweden merupakan jalan utama dari Desa Kweden Kecamatan Ngetos menuju Desa Salamrojo Kecamatan Berbek dan sebaliknya.

Diduga jembatan tersebut roboh karena telah dimakan usia, dan pondasi jembatan rusak akibat tergerus arus Sungai Kuncir.

Beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka dalam insiden ini.

Nafhan mengatakan, sekilas fisik Jembatan Kweden terlihat kokok. Oleh karenanya, pemerintah tidak merehab jembatan tersebut delapan tahun belakangan ini.

“Ya karena memang kondisinya dikira itukan masih layak, masih stabil. Nah, ternyata dengan curah hujan yang tinggi ini otomatis yang bawah itu tergerus. Jadi tampaknya itu masih kokoh, tapi ternyata yang bawah itu sudah tergerus air,” katanya.

Nafhan memastikan warga Desa Kweden tidak terisolasi. Hanya saja warga harus memutar arah melewati jalan alternatif bila ingin bepergian jauh.



Anggota Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Nganjuk, Feri menjelaskan, dari panjang jembatan yang mencapai 30 meter itu, 15 meter di antaranya putus.

Adapun lebar jembatan sekitar 4,5 meter.

“(Akibat jembatan roboh) masyarakat Dusun Jawuh, Dusun Tapan dan Dusun Pandansili di Desa Kweden terpaksa menggunakan jalur alternatif via Desa Kuncir Kecamatan Ngetos dan Desa Kebonagung Kecamatan Sawahan,” tutur Feri.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Nganjuk, Gunawan Widagdo mengatakan, pihaknya berencana memasang jembatan bailey untuk sementara agar akses warga kembali normal.

“Insya Allah nanti kita akan mobilisasi itu dulu jembatan bailey,” sebutnya.

“Kalau jembatan bailey insyaallah (pemasangannya) cepat. Jadi kita sekarang administrasinya kita penuhi, ini tadi kita secara by phone sudah hubungi sana (Balai Besar dan Bina Marga Jawa Timur), insyaallah ready jembatannya,” ujar dia.

https://surabaya.kompas.com/read/2021/03/13/185920778/jembatan-kweden-roboh-8-tahun-tak-direhab-karena-terlihat-kokoh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke