Salin Artikel

14 Pegawai Positif Covid-19 Sepekan Setelah Vaksin, Ini Kata Kepala DPMTKPTSP Kota Blitar

BLITAR, KOMPAS.com - Sebanyak 14 pegawai Kantor Dinas Penanaman Modal, Tenaga Kerja dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMTKPTSP) Kota Blitar terkonfirmasi positif Covid-19.

Mereka adalah bagian dari sekitar 35 pegawai Kantor DPMTKPTSP yang menerima suntikan vaksin Covid-19 pada Jumat pekan lalu (26/2/2021).

Kepala Dinas DPMTKPTSP Kota Blitar Suharyono mengatakan, 14 pegawai yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut adalah bagian dari 21 pegawai yang menjalani tes Covid-19 pada Jumat (5/3/2021).

"Tapi, saya kira bukan karena vaksin ya. Ini perlu saya tekankan," ujar Suharyono, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (7/3/2021).

Suharyono mengatakan, sebelumnya dilakukan pengambilan swab untuk tes PCR (polymerase chain reaction) terhadap 18 orang oleh Satgas Covid-19.

Selanjutnya, satu orang melakukan tes PCR mandiri di sebuah rumah sakit, dan satu pegawai lagi menjalani rapid tes antigen mandiri.

Sehingga, totalnya terdapat 21 pegawai yang menjalani tes Covid-19 dan 14 di antaranya terkonfirmasi positif Covid-19.

"Hasilnya baru saya dapat laporan tadi malam," tambah dia.


Sebelumnya, Suharyono mengatakan, sebanyak 19 dari 35 pegawai kantornya mengalami gejala mirip penderita Covid-19 seperti demam, batuk, dan mual, mulai Senin (1/3/2021) setelah menjalani suntikan vaksin tiga hari sebelumnya.

Tiga orang di antaranya bahkan mengalami gejala anosmia atau kehilangan kepekaan indra perasa atau pembauan.

"Terhadap 14 orang yang positif ini kami sedang koordinasi dengan Satgas. Tapi, kalau saran dari Satgas, mereka diminta isolasi di rumah isolasi (milik Satgas Covid-19)," ujar Suharyono.

Kompas.com berusaha menghubungi Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Dinkes Kota Blitar Didik Jumianto yang juga menjabat Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19, namun tidak mendapatkan jawaban.

Pesan melalui saluran WhatsApp terlihat sudah dibaca oleh Didik, namun tanpa memberikan penjelasan. Beberapa kali telepon dari Kompas.com juga tidak dijawab.

https://surabaya.kompas.com/read/2021/03/07/141426778/14-pegawai-positif-covid-19-sepekan-setelah-vaksin-ini-kata-kepala

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke