Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cak Imin Sebut Dukungan untuk Pasangan Anies-Muhaimin Terus Meningkat

Kompas.com - 19/11/2023, 18:01 WIB
Moh. SyafiĆ­,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Calon Wakil Presiden (Cawapres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Muhaimin Iskandar mengatakan, dukungan masyarakat terhadap pasangan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar terus meningkat.

Berdasarkan survei internal, ungkap dia, dukungan untuk pasangan Capres-Cawapres yang diusung Partai Nasdem, PKB dan PKS tersebut menunjukkan peningkatan signifikan.

“Perkembangan survei, alhamdulillah, menunjukkan peningkatan-peningkatan tajam."

Baca juga: Tim Anies-Muhaimin Pastikan JK Tak Gabung, Klaim Sutiyoso Merapat

"Bukan hanya naik tapi melompat, sehingga hari ini (kekuatan) tiga pasangan Capres-cawapres posisinya sejajar,” kata Cak Imin, di Pondok Pesantren Manbaul Ma’arif Denanyar, Jombang, Jawa Timur, Sabtu (18/11/2023) malam.

Dijelaskan, aliran dukungan terhadap pasangan Anies-Muhaimin terus mengalir. Peningkatan dukungan tak hanya berasal dari pulau Jawa, tetapi dari daerah-daerah selain Jawa.

Meski demikian, lanjut Cak Imin, penguatan dukungan dan konsolidasi masih perlu dilakukan dengan berkunjung ke daerah-daerah yang memiliki potensi dukungan suara signifikan.

“Semua daerah masih harus kami datangi dan 80 persen waktu kami gunakan untuk (konsolidasi) di Jawa,” ujar dia.

Ketua Umum DPP PKB tersebut pulang ke kampung halamannya, di Pondok Pesantren Mambaul Ma'arif Denanyar, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Sabtu (18/11/2023) malam. 

Baca juga: Jika Menang, Anies-Muhaimin Bakal Evaluasi UU ITE

Di pesantren yang didirikan oleh KH Bisri Syansuri, salah satu tokoh pendiri NU tersebut, Cak Imin bertemu dengan keluarga besarnya untuk meminta doa restu terkait pencalonannya  bersama dengan Anies Baswedan sebagai pasangan Capres-Cawapres.

“Saya minta izin dan mohon doa restu kepada seluruh Bani Bisri Syansuri, semoga perjalanan ini didoakan seluruh keluarga, sehingga lancar, sukses dan menang,” ujar dia.

Setelah bertemu dengan keluarganya dan meminta restu, Cak Imin menghadiri acara shalawat bersama ribuan santri di kompleks Pesantren Mambaul Ma'arif Denanyar.

Kedatangannya di pesantren yang didirikan kakek buyutnya tersebut disambut dengan lantunan Shalawat Badar oleh ribuan santri.

Baca juga: Timnas Anies-Muhaimin Bakal Umumkan Formasi Lengkap Dalam Waktu Dekat

Pantauan Kompas.com, momentum bertemu dengan ribuan santri, dimanfaatkan Cak Imin dengan turut melantunkan shalawat bersama-sama para santri.

Usai melantunkan shalawat Badar, Cak Imin dan para santri melantunkan shalawat Ya Muhaimin Ya Salam.

Setelah puas bershalawat bersama, Cawapres yang diusung koalisi Partai Nasdem, PKS dan PKB itu menyampaikan orasi politik dihadapan ribuan santri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com