Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebut Data Stok Beras Tidak Sesuai Fakta, Djarot: Bilangnya Surplus, tapi...

Kompas.com - 02/02/2023, 20:07 WIB
Moh. SyafiĆ­,
Pythag Kurniati

Tim Redaksi

JOMBANG, KOMPAS.com - Anggota Komisi IV DPR RI Djarot Syaiful Hidayat menilai keterbatasan beras beberapa pekan terakhir, salah satunya dipicu tidak sesuainya data stok beras dengan fakta di lapangan.

Hal itu disampaikan Djarot saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Jombang, Jawa Timur, bersama sejumlah anggota Komisi IV DPR RI, Kamis (2/2/2023).

Baca juga: Harga Beras Mahal, Mendag Minta Bulog Lepas Stok Langsung ke Pasar

Politisi PDI-P tersebut mengungkapkan, keterbatasan stok hingga kelangkaan beras di pasaran semestinya tidak terjadi jika data penyerapan beras petani yang dimiliki oleh pemerintah sesuai dengan fakta di lapangan.

“Datanya itu palsu juga, bilang beras surplus, tapi ternyata di lapangan tidak sesuai fakta. Datanya harus benar, gitu lho ya,” kata Djarot di Pendopo Kabupaten Jombang, Kamis.

Baca juga: Heboh, Pengendara Xpander Sebar Uang di Jalanan Jombang, Warga: Saya Dapat Rp 300.000

Menurut dia, untuk menanggulangi keterbatasan stok di masa mendatang, Kementerian Pertanian perlu melakukan validasi data penyerapan beras yang diimbangi dengan survei lapangan.

“Artinya, data yang diolah Kementerian Pertanian harus berbasis (data) penyerapan (beras) BPS dan survei lapangan,” ujar Djarot.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Erma Rini mengungkapkan, berdasarkan hasil kunjungan dan laporan yang diterima, saat ini memang terjadi kelangkaan beras.

Hanya saja, lanjut anggota Fraksi PKB tersebut, pihaknya masih menunggu kajian mendalam untuk menemukan penyebab utama dari situasi yang saat ini terjadi.

“Kalau kita lihat di lapangan, (beras) ini enggak ada. Banyak pertanyaannya, ini memang enggak ada  atau seperti kayak kasus impor, diambil (diborong) pengusaha besar lalu kemudian enggak ada, atau bagaimana,” ujar Anggia.

Baca juga: Soal Pemerintah Impor Beras 500.000 Ton secara Bertahap, Gibran Pastikan Stok Beras di Solo Aman

Menurut Ketua Tim Kunjungan Kerja Komisi IV DPR RI ke Jawa Timur tersebut, perlu dilakukan penataan mekanisme pasar untuk menangani dan menanggulangi kelangkaan beras.

“Mekanisme pasarnya itu juga harus dibenahi,” kata dia.

Sebagai informasi, sejumlah anggota DPR RI dari Komisi IV melakukan kunjungan ke Jombang, Jawa Timur, Kamis. 

Dalam kunjungan tersebut, anggota Komisi IV mendatangi tempat penggilingan gabah di Kecamatan Kesamben dan Kecamatan Jombang, dilanjutkan ke Pendopo Kabupaten Jombang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com