Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Temui 2 WN Finlandia yang Terdampar di Sumenep, Beri Bantuan Akomodasi hingga Transportasi

Kompas.com - 31/01/2023, 12:59 WIB
Ach Fawaidi,
Andi Hartik

Tim Redaksi

SUMENEP, KOMPAS.com - Bupati Sumenep, Jawa Timur, Achmad Fauzi menemui dua awak Kapal Yacht Canace yakni Veikko H dan Hana Maria yang merupakan warga negera Finlandia. Keduanya terdampar di perairan Sumenep setelah kapal yang ditumpanginya mati mesin di perairan Pulau Bawean, Gresik.

Didampingi Kapolres Sumenep AKBP Eko Edo Satya Kentriko dan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Fauzi meminta pihak terkait memberikan bantuan kepada dua WN Finlandia itu selama berada di Sumenep, seperti pelayanan akomodasi, transportasi hingga konsumsi.

“Selama mereka menunggu perbaikan kapalnya, agar dibantu untuk keperluannya, seperti tempat beristirahat dan transportasi mengurus izin ke Kantor Imigrasi Kabupaten Pamekasan dan pembelian sparepart kapal ke Surabaya,” kata Fauzi dalam keterangannya, Selasa (31/1/2023).

Baca juga: Kapal WN Finlandia Alami Mati Mesin di Perairan Bawean, Terdampar hingga Sumenep

Fauzi menyebut, untuk mempermudah komunikasi selama berada di Kabupaten Sumenep, ia meminta Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) menyediakan pemandu, sehingga memperlancar koordinasi pelayanan dengan pihak terkait.

“Pemandu atau guide untuk pendampingan dan pelayanan mempermudah komunikasi pasangan suami istri Veikko H dan Hana Maria dengan pihak terkait,” pungkasnya.

Baca juga: WN Finlandia yang Terdampar di Sumenep karena Kapal Mati Mesin Hendak Berwisata ke Pulau Bawean

Sebelumnya, Kapal Yacht Canace yang memuat dua warga negara Finlandia itu mengalami mati mesin di perairan Pulau Bawean pada Jumat (27/1/2023).

Mendapatkan laporan itu, petugas di area Pulau Bawean melakukan pertolongan dengan cara towing di timur Pulau Bawean, namun gagal karena cuaca yang kurang mendukung.

Selanjutnya, pada Minggu (29/1/2023), Kapal Yacht Canace terombang-ambing hingga ke perairan utara Madura dan berusaha tetap berkomunikasi dengan Kansar Surabaya.

Kapal bernama Yacht Canace berbendera Finlandia mengalami mati mesin di perairan Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, sebelum akhirnya ditemukan di perairan Sumenep, Senin (30/1/2023).Polres Sumenep Kapal bernama Yacht Canace berbendera Finlandia mengalami mati mesin di perairan Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, sebelum akhirnya ditemukan di perairan Sumenep, Senin (30/1/2023).
Dua awak kapal berusaha membentangkan layar kapal agar bisa mencapai daratan di wilayah perairan Sumenep. Usaha keduanya gagal karena minimnya embusan angin.

Berdasarkan data yang diperoleh petugas, kapal berada di koordinat 6° 29' 32.73'' S - 114° 23' 35.51'' E atau 33 mil di laut sebelah utara Pulau Gili Iyang, Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep.

Sekitar pukul 14.10 WIB, petugas kemudian berhasil menemukan Kapal Yacht Canace dan dilakukan pengawalan untuk bersandar ke Pelabuhan Kalianget Sumenep.

Selanjutnya, pada Senin (30/1/2023) sekitar pukul 13.25 WIB, Kapal Yacht Canace beserta awak kapal sudah bersandar di Pelabuhan Kalianget Sumenep dalam keadaan aman dan dua awak yang juga dalam kondisi sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com