Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembali Diaktifkan, "Car Free Day" di Surabaya Mulai Digelar Besok

Kompas.com - 07/01/2023, 19:24 WIB
Ghinan Salman,
Andi Hartik

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan mengaktifkan kembali Car Free Day (CFD) mulai besok, Minggu (8/1/2023).

Untuk tahun ini, Pemkot Surabaya akan menggelar CFD di tujuh titik, yakni di Jalan Darmo, Jalan Tunjungan, Jalan Jemur Andayani, Jalan Kembang Jepun, Jalan Kupang Indah, Jalan Kertajaya, dan Jalan Ir. Soekarno atau Jalan Merr.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya Agus Hebi Djuniantoro mengatakan, minggu lalu, CFD di semua titik ditiadakan karena memang tanggal merah.

"Kita sudah bikin jadwal selama setahun, dan mulai besok sudah mulai digelar kembali di sejumlah lokasi," kata Hebi di Surabaya, Sabtu (7/1/2023).

Baca juga: 5 Orang Daftar Seleksi Sekda Kota Surabaya, Mayoritas Punya Gelar Pendidikan S3

Menurutnya, Minggu besok, CFD akan digelar di Jalan Darmo, Jalan Tunjungan, Jalan Kembang Jepun, dan Jalan Kupang Indah.

Kemudian minggu depannya, tanggal 15 Januari 2023, CFD akan digelar di Jalan Darmo, Jalan Tunjungan, dan Jalan Kertajaya. Lalu, pada tanggal 29 Januari 2023, CFD akan digelar di Jalan Darmo dan Jalan Tunjungan.

Baca juga: PDAM Surabaya Berencana Produksi Air Minum Dalam Kemasan, Investasi Rp 10 Miliar

"Jadi, lokasi utama CFD Surabaya memang di Jalan Darmo dan Jalan Tunjungan. Sedangkan untuk waktu pelaksanaannya mulai pagi sekitar pukul 06.00-09.00 WIB," terang Hebi.

Hebi menjelaskan, pelaksanaan CFD ini mengacu pada Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 8 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Wali Kota Surabaya Nomor 1 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Hari Bebas Kendaraan Bermotor.

Dalam Perwali tersebut, sudah ditetapkan ruas-ruas jalan mana saja yang ditutup pada saat CFD.

Untuk CFD yang di Jalan Darmo, mulai persimpangan Jalan Raya Darmo - Jalan Dr Soetomo - Jalan Polisi Istimewa sampai dengan persimpangan Jalan Raya Darmo - Jalan Diponegoro.

Sedangkan CFD di Jalan Tunjungan, mulai persimpangan Jalan Tunjungan - Jalan Praban - Jalan Gemblongan – Jalan Genteng Kali sampai dengan perbatasan Jalan Tunjungan - Jalan Gubernur Suryo.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com