Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gedung LPKS Cokro Baskoro yang Diresmikan Khofifah Mangkrak, Begini Kata Dinsos PPPA Nganjuk

Kompas.com - 07/10/2022, 15:58 WIB
Usman Hadi ,
Pythag Kurniati

Tim Redaksi

NGANJUK, KOMPAS.com – Gedung Lembaga Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial (LPKS) Cokro Baskoro di Desa Balonggebang, Kecamatan Gondang, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, mangkrak.

Gedung LPKS Cokro Baskoro ini diresmikan pada 13 Agustus 2016 oleh Menteri Sosial saat itu, Khofifah Indar Parawansa. Saat ini, Khofifah menjabat sebagai Gubernur Jawa Timur.

Baca juga: Melihat Gedung Rehabilitasi Anak di Nganjuk yang Terbengkalai, Tertutup Semak Belukar

Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Rehabilitasi Sosial pada Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Nganjuk, Trisno Susilo, tak menampik mengkraknya gedung LPKS Cokro Baskoro.

Trisno menjelaskan, LPKS Cokro Baskoro di Balonggebang tersebut sejak awal ditujukan untuk merehabilitasi Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH).

“Itu memang LPKS ABH yang ada di Balonggebang kondisinya sekarang lagi mangkrak,” ujar Trisno saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (7/10/2022).

Baca juga: Berpakaian Serba Hitam, Suporter di Nganjuk Raya Berdoa untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Mulanya, LPKS Cokro Baskoro dikelola oleh pihak Kementerian Sosial (Kemensos), yang dibangun di atas lahan kurang lebih seluas dua hektare milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk.

Sementara mengkraknya LPKS Cokro Baskoro ditengarai karena pihak Kemensos tak lagi mengucurkan dana untuk LPKS ini sejak awal tahun 2017.

“Dulu pendaannya atau pengelolaannya agak tersendat, dikarenakan masih ada perbedaan presepsi antara pusat dengan daerah,” kata Trisno.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com