Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rakerwil PAN Jatim Usulkan Zulhas, Erick Tohir, dan Khofifah Jadi Capres KIB

Kompas.com - 31/07/2022, 10:45 WIB
Achmad Faizal,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com- Rapat Kerja  Wilayah (Rakerwil) II Partai Amanat Nasional (PAN) Jawa Timur di Surabaya Sabtu (30/7/2022) menghasilkan 3 nama calon presiden untuk diusulkan kepada DPP PAN.

Ketiga nama tersebut adalah Zulkifli Hasan (Ketua Umum PAN yang juga Menteri Perdagangan) Erick Thohir (Menteri BUMN), Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jawa Timur).

"Usulan nama capres tersebut merupakan akumulasi aspirasi kader PAN dari 38 Kabupaten/Kota yang sebelumnya telah menggelar Rakerda," kata Ketua DPW PAN Jawa Timur Ahmad Rizki Sadig usai Rakerwil.

Baca juga: Soal Pilpres 2024, PAN Jatim Bahas Nama Khofifah hingga Andika Perkasa di Rakerwil

Selain tiga tokoh di atas, nama-nama lain yang juga muncul dari akar rumput PAN Jatim adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, hingga Ketua Umum PPP Suharso Manoarfa.

Menurutnya, munculnya nama Airlangga Hartarto dan Suharso Manoarfa yang merupakan ketua umum parpol Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bisa jadi adalah dampak dari komunikasi intensif yang dilakukan partai KIB di Jawa Timur.

Dia juga memastikan, munculnya nama-nama calon presiden tersebut adalah murni aspirasi kader yang harus didengar oleh DPP PAN.

"Perlu digarisbawahi bahwa agenda PAN memilih ini murni menggali aspirasi kader. PAN tidak mau asal usung jika kader tidak berkenan," tegasnya.

Baca juga: Zulhas Ungkap Sedang Melobi Demokrat dan PKS untuk Gabung KIB

Nama yang disepakati dalam Rakerwil kata anggota Komisi I DPR RI ini akan dibawa di forum Rakernas PAN di Jakarta Agustus mendatang.

Hasil dari Rakernas akan ditetapkan sebagai usulan PAN dalam tentang nama capres atau cawapres yang akan KIB.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com