Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

49 Ternak Terpapar PMK, Seluruh Pasar Hewan di Ngawi Ditutup

Kompas.com - 16/06/2022, 22:15 WIB
Sukoco,
Priska Sari Pratiwi

Tim Redaksi

NGAWI, KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten Ngawi, Jawa Timur menemukan 49 hewan ternak milik warga terpapar penyakit mulut dan kuku (PMK).

Wakil Bupati Ngawi Dwi Rianto Jatmiko memutuskan untuk menutup pasar hewan sementara demi mengantisipasi penyebaran PMK.

Baca juga: Cerita di Balik Kasun di Ngawi Nikahi Gadis Bawah Umur, Sempat Ganti Lokasi karena Dicegat Satgas

 

“Pasaran kemarin itu kita sudah melakukan penutupan terhadap seluruh pasar hewan di Ngawi,” ujar Rianto melalui pesan singkat, Kamis (16/6/2022).

Untuk menangani PMK, Rianto mengatakan, Pemkab Ngawi telah menganggarkan Rp 12 miliar dari anggaran belanja tak terduga (BTT) untuk pengadaan obat dan vaksin hewan ternak. 

"Posisi sekarang anggaran di BTT ada Rp 12 M. Penyerapannya menyesuaikan prioritas kebutuhan penanganan PMK di Ngawi oleh Dinas Perikanan dan Peternakan,” imbuhnya.

Baca juga: Akibat Wabah PMK, Produksi Susu di Pujon Malang Turun hingga 40 Persen

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Ngawi Bonadi mengatakan, tercatat ada 49 hewan ternak positif PMK yang terdiri dari 6 kerbau, 2 kambing, dan 41 sapi.

"Status Kabupaten Ngawi saat ini coklat. Sampai hari ini ada 49 ekor hewan ternak di Kabupaten Ngawi yang dinyatakan positif tertular PMK," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com