Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Strategi Polda Jatim Hadapi Puncak Arus Balik Lebaran, Siapkan Skema Pengaturan Lalin dan Perbanyak Petugas

Kompas.com - 07/05/2022, 10:22 WIB
Muchlis,
Ardi Priyatno Utomo

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Polda Jawa Timur memprediksi puncak arus balik mudik Lebaran diprediksi mulai hari Sabtu (7/5/2022) ini dan besok (8/5/2022).

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Timur Kombes Dirmanto mengatakan, untuk mewujudkan Mudik Aman Mudik Sehat, Polda Jatim sudah mempersiapkan skema pengaturan lalu lintas di beberapa titik yang diprediksi rawan kepadatan kendaraan.

Baca juga: Polda Jatim Tidak Tilang Pelanggar Lalu Lintas di Tol Selama Mudik Lebaran 2022

Kombes Dirmanto juga turut melakukan pemantauan jalur arus balik Lebaran 1443 H di Regional Traffic Management Centre (RTMC) Polda Jatim sejak Jumat (6/5/2022) sore. Sudah mulai terlihat kepadatan kendaraan seperti di persimpangan Mangkreng Jatim.

"Seperti yang terlihat di persimpangan Mengkreng. Meski terjadi volume meningkat, namun tetap lancar," kata Kombes Dirmanto kepada Kompas.com, Sabtu (7/5/2022).

Di perbatasan Mengkreng hanya volume yang meningkat, tetapi terlihat lancar. Selain itu, baik dari Nganjuk ke Surabaya maupun dari Jombang ke arah Kediri juga terpantau lancar.

"Sementara di lokasi wisata seperti di WBL Lamongan juga terlihat lengang, sedangkan di Jembatan Suramadu terlihat lancar," tambahnya.

Dirmanto menegaskan, lalu lintas di daerah Malang dan Pasar Lawang juga terlihat lancar.

"Polda Jatim sendiri sudah melakukan berbagai langkah dan terutama melakukan penebalan petugas di beberapa titik rawan terjadi lonjakan arus lalu lintas. Anggota dari lalu lintas dan Sabhara nantinya akan disiagakan untuk membantu melakukan pengaturan lalu lintas," papar Kombes Dirmanto.

Dirinya juga berpesan kepada pemudik yang akan kembali ke kota rantauannya agar selalu mengutamakan keselamatan selama di perjalanan.

"Tetap ya kami berharap disiplin prokesnya, patuhi semua imbauan petugas yang ada di lapangan, dan jangan lupa istirahat di tempat yang aman," pinta dia.

Baca juga: Mudik Lebaran, Polda Sumbar Catat 100.000 Kendaraan Masuk Sumatera Barat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com