Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik ke Sumenep Bisa Naik Pesawat dari Surabaya, Berikut Jadwal Penerbangannya

Kompas.com - 23/04/2022, 08:29 WIB
Achmad Faizal,
Priska Sari Pratiwi

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Bandara Trunojoyo Sumenep, Jawa Timur, langsung melayani penerbangan untuk angkutan Lebaran usai diresmikan Presiden Joko Widodo pada Rabu (20/4/2022).

Bupati Sumenep Ahmad Fauzi mengatakan, untuk tahap awal, penerbangan dibuka untuk jalur Surabaya-Sumenep pulang pergi (PP) yang dilayani dua pesawat ATR 72-600 Wings Air dan Citilink.

"Mulai pekan depan Insyaallah sudah ada layanan penerbangan ke Sumenep," kata Ahmad saat dikonfirmasi, Jumat (22/4/2022).

Baca juga: Pemkab Sumenep Sediakan Mudik Gratis Menuju Kepulauan, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Penerbangan ke Sumenep dimulai pada H-4 lebaran yakni pada Kamis (28/4/2022).

Di hari itu pesawat Wings Air melayani dua kali penerbangan yakni pukul 11.25 WIB untuk rute Surabaya - Sumenep dari Bandara Internasional Juanda Surabaya, dan pukul 12.55 WIB untuk rute sebaliknya yakni Sumenep - Surabaya.

Kemudian pada Jumat (29/4/2022), giliran pesawat Citilink yang akan terbang ke Sumenep pukul 10.40 WIB, dan pukul 12.40 WIB untuk rute sebaliknya Sumenep - Surabaya.

Selanjutnya pada Sabtu (30/4/2022), Wings Air kembali melayani dua kali penerbangan yakni pukul 11.25 WIB untuk rute Surabaya - Sumenep, dan pukul 12.55 WIB untuk rute sebaliknya yakni Sumenep - Surabaya.

Untuk Minggu (1/5/2022), Citilink kembali  terbang ke Sumenep pukul 10.40 WIB, dan pukul 12.40 WIB untuk rute sebaliknya Sumenep - Surabaya.

Baca juga: Resmikan Bandara Trunojoyo, Jokowi Minta Menhub Segera Buka Penerbangan Jakarta-Sumenep

Saat peresmian Bandara Trunojoyo, Presiden Jokowi menyebut bandara tersebut potensial meningkatkan konektivitas dan memudahkan hubungan dengan pulau-pulau kecil di sekitar pulau Madura sekaligus memangkas waktu tempuh perjalanan antar kepulauan.

Sementara Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut Bandara Trunojoyo melalui rute yang cukup luas, di antaranya Sumenep-Surabaya PP, Sumenep-Bawean PP, Sumenep-Pagerungan PP, dan Sumenep-Banyuwangi PP.

Ke depannya, kata dia, sejumlah rute yang berpotensi dilayani oleh bandara ini yaitu Sumenep-Banjarmasin, Sumenep-Jakarta, Sumenep-Denpasar, dan lain-lain.

"Diharapkan banyak potensi wisata berkembang jika Bandara Trunojoyo ini diaktifkan," pungkas Budi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com