Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

688 Personel Gabungan Diterjunkan Jaga Kegiatan W20 di Kota Batu

Kompas.com - 07/03/2022, 22:28 WIB
Nugraha Perdana,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

BATU, KOMPAS.com - Kota Batu, Jawa Timur, terpilih menjadi tuan rumah side event ke-2 "Women Enterpreneurs as Key to Economic Inclusion" Women 20 atau W20 Indonesia 2022.

Sejumlah 688 personel gabungan dari unsur TNI, Polri, Dishub Kota Batu, Satpol PP Kota Batu dan lainnya bakal diterjunkan. Selain itu juga ada satu kompi personel dari Brimob Polda Jatim.

Baca juga: Kota Batu Jadi Tuan Rumah W20, Wali Kota Dewanti Sebut Persiapan Hampir 100 Persen

Kapolres Batu AKBP I Nyoman Yogi Hermawan mengatakan pihaknya telah merencanakan skema pengamanan yang akan dibagi beberapa ring.

Tujuannya supaya penyelenggaraan kegiatan W20 dapat berjalan dengan lancar.

"Kami bagi mulai dari petugas keamanan di bandara, penjagaan sepanjang rute hingga penjagaan kegiatan yang ada di hotel Golden Tulip," kata AKBP Yogi saat ditemui pada Senin (7/3/2022).

Dia mengatakan, petugas dari kepolisian dengan persenjataan lengkap juga diterjunkan.

Menurutnya, penjagaan ketat di Kota Batu selama kegiatan W20 berlangsung untuk memberi rasa aman dan nyaman bagi tamu-tamu luar negeri yang datang.

"Sesuai jadwal akan ada perwakilan dari 19 negara yang tergabung dalam W20 akan datang ke Kota Batu plus satu perwakilan negara dari uni eropa," katanya.

Kegiatan W20 akan berlangsung mulai 8 hingga 10 Maret.

"Namun kegiatan ini dilakukan secara hybrid jadi akan ada beberapa peserta dari luar negeri yang melakukan kegiatan secara daring. Kemudian perwakilan delegasi yang lain akan melaksanakan kegiatan secara luring," tambahnya.

Baca juga: Setahun Berlalu, Warga Terdampak Longsor di Kota Batu Berharap Kepastian Hunian Tetap

Kegiatan W20 akan mengangkat tema 'Recover Together Equally'. Apel Gelar Pasukan Operasi Pengamanan W20 Indonesia juga telah dilaksanakan di Alun-alun Kota Batu pada Senin (7/3/2022).

Selain Kota Batu, destinasi yang terpilih dalam kegiatan internasional ini adalah Banjarmasin Kalimantan Selatan, Kabupaten Minahasa Utara Sulawesi Utara, Manokwari Papua Barat, Denpasar Bali, dan Danau Toba Sumatera Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com