Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ular Sanca Sepanjang 4 Meter Ditemukan di Plafon Rumah Warga di Jombang

Kompas.com - 02/02/2022, 12:25 WIB
Moh. Syafií,
Andi Hartik

Tim Redaksi

JOMBANG, KOMPAS.com - Ular sanca sepanjang 4 meter ditemukan di salah satu rumah warga di Desa Jelakombo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Rabu (2/2/2022) pagi.

Keberadaan ular sanca di dalam rumah itu pertama kali diketahui oleh Heri, sang pemilik rumah saat sedang menyapu di lantai 2.

Mengetahui ada ular besar di rumahnya, pemilik segera meminta bantuan warga, lalu melaporkannya kepada BPBD Kabupaten Jombang.

Baca juga: Perjalanan Kasus Pencabulan oleh Anak Kiai di Jombang, Dua Kali Praperadilan Ditolak hingga Diminta Serahkan Diri

Kasi Kesiapsiagaan Bencana BPBD Kabupaten Jombang, Syamsul Bahri mengungkapkan, sejumlah petugas langsung mendatangi lokasi setelah mendapatkan laporan adanya ular masuk ke rumah warga.

Meski sempat mengalami kesulitan, sebanyak enam petugas dari PMK berhasil mengevakuasi ular tersebut dari atap plafon rumah.

"Evakuasinya agak sulit karena ular itu terjepit di antara kayu plafon atap," ujar Syamsul saat dikonfirmasi Kompas.com, Rabu (2/2/2022).

Petugas dari PMK Kabupaten Jombang, Jawa Timur, mengevakuasi Ular Sanca yang memasuki salah satu rumah warga, Rabu (2/2/2022).KOMPAS.COM/BPBD JOMBANG Petugas dari PMK Kabupaten Jombang, Jawa Timur, mengevakuasi Ular Sanca yang memasuki salah satu rumah warga, Rabu (2/2/2022).

Dia menjelaskan, ular sanca tersebut kemudian dibawa ke Kantor PMK Jombang dan akan diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur.

Ular sanca yang masuk ke rumah warga, ungkap Syamsul, sepanjang 4 meter dengan berat 60 kilogram serta diameter 40 sentimeter.

Meski sempat masuk rumah, ular sanca tidak sempat menyerang pemilik rumah maupun petugas yang melakukan evakuasi.

"Ular jenis ini bisa membahayakan pemilik rumah dan warga sekitar. Untungnya, ular tidak sampai menyerang warga maupun saat dievakuasi," kata Syamsul.

Baca juga: Gugatan Ditolak, Anak Kiai Jombang Tersangka Pencabulan Diminta Menyerahkan Diri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com