Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Imbauan Risma kepada Takmir Masjid dan Petugas Pemotong Hewan Kurban

Kompas.com - 16/07/2020, 18:49 WIB
Ghinan Salman,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menggelar audiensi dengan 200 orang perwakilan takmir dan pengurus masjid se-Surabaya membahas persiapan shalat Idul Adha dan kurban yang berlangsung pada 31 Juli 2020 mendatang.

Risma mengatakan, pelaksanaan shalat Idul Adha dan Idul Kurban harus dilaksanakan sesuai dengan disiplin protokol kesehatan yang ditetapkan.

Hal itu mengacu pada Surat Edaran (SE) Menteri Agama Nomor 18 Tahun 2020 tentang Shalat Idul Adha dan Kurban 1441 Hijriah dan SE Ditjen PKH Kementan tentang Pelaksanaan Kegiatan Kurban dalam Situasi Wabah Bencana Non Alam Covid-19.

Karena itu, Risma meminta agar para takmir dan pengurus masjid lebih meningkatkan protokol saat Idul Adha.

Baca juga: Kepala DP5A Surabaya Meninggal, Risma: Tuhan Menyayangi Bu Chandra

"Saat ini, beberapa wilayah di Surabaya sudah ada yang zona hijau. Artinya, kita harus menjaga dan terus meningkatkan kedisiplinan. Protokol kesehatan hukumnya wajib tidak bisa ditawar," kata Risma, melalui video telekonferensi, Kamis (16/7/2020).

Dalam pertemuan daring tersebut, Risma mengaku, tak ingin perayaan Idul Adha malah menjadi sumber baru penyebaran Covid-19 antar-masyarakat.

Risma menekankan agar saat shalat berjemaah, tetap menerapkan physical distancing atau jaga jarak.

"Sebelum masuk masjid, di depannya sudah disediakan air mengalir dan sabun, cek suhu tubuhnya. Untuk takbir, tidak ada takbir keliling ya," ujar Risma.

Adapun untuk mekanisme penyembelihan hewan kurban, politikus PDI-P ini mengimbau agar pemotongan hewan kurban juga dapat dilakukan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH), masjid, atau mushala, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com