Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khofifah: PSBB di Surabaya, Gresik dan Sidoarjo Masih Tahap Sinkronisasi

Kompas.com - 23/04/2020, 05:43 WIB
Achmad Faizal,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyebut, penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di sebagian daerah Jawa Timur masih dalam tahap sinkronisasi regulasi hingga Rabu (22/4/2020) malam, antara Pemprov Jawa Timur, Pemkab Sidoarjo dan Pemkot Surabaya.

"Aturan Pergub, Perwali dan Perbup perlu disinkronkan agar penanganan Covid-19 terukur dan sinkron antara Pemprov Jatim dan pemerintah daerah," terang Khofifah, di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu malam.

Baca juga: Khofifah Resmi Ajukan PSBB Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo ke Menkes

Khofifah berharap, sinkronisasi tersebut Rabu malam rampung, dan Kamis (23/4/2020) akan dikonsultasikan kepada masing-masing kepala daerah.

"Setelah draf peraturan final, maka masing-masing kepala daerah akan mendapatkan Pergub dan Keputusan Gubernur, karena PSBB tidak diberlakukan sama di 3 daerah dimaksud," ujar dia.

Jika masing-masing kepala daerah menerima Pergub dan Kepgub, kata Khofifah, maka PSBB bisa segera dilaksanakan dengan diawali proses sosialisasi.

Pemprov Jawa Timur mengusulkan PSBB untuk Surabaya, sebagian Gresik dan Sidoarjo, karena angka kasus Covid-19 di wilayah tersebut terus naik beberapa waktu terakhir.

Baca juga: Tunggu Instruksi Khofifah, Pemkab Malang Siap Terapkan PSBB

Hingga Rabu sore, jumlah kasus Covid-19 di Surabaya tercatat 315 kasus, di Gresik 21 kasus dan di Sidoarjo 66 kasus.

Di Sidoarjo sampai Rabu sore ada 34 pasien Covid-19 yang meninggal dunia, di Sidoarjo 6 pasien meninggal dunia dan di Gresik 2 orang pasien meninggal dunia.

Gresik dan Sidoarjo adalah wilayah yang berbatasan langsung dengan wilayah Kota Surabaya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com