Khofifah: Penuding Atlet Senam SEA Games Tak Perawan Segera Minta Maaf

Kompas.com - 02/12/2019, 18:29 WIB
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa KOMPAS.COM/A. FAIZALGubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa

SURABAYA, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta pihak yang menuding SAS (17), atlet senam SEA Games yang dipulangkan saat Puslatda, dengan tudingan tidak perawan, segera meminta maaf.

"Jika benar itu dilontarkan oleh pelatih atau siapa pun, jika memang itu benar, maka harus segera meminta maaf," kata Khofifah usai menemui SAS dan keluarganya di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (2/12/2019).

Khofifah mengaku tidak ingin ada trauma-trauma baru yang muncul pada atlet-atlet junior seperti SAS karena ungkapan yang menuduh dan sejenisnya bisa berdampak pada psikologi anak.

Baca juga: Pesan Khofifah Saat Temui Atlet Senam yang Dituding Tak Perawan

Menurut Khofifah, dalam dunia olahraga, prestasi menjadi hal utama, karena itu setiap hal yang tidak terkait dengan prestasi, hendaknya tidak dijadikan pertimbangan utama.

Sebelumnya, SAS meminta pihak yang menyebut dirinya tidak perawan agar meminta maaf. Hal itu disampaikan SAS pada Sabtu kemarin usai bertemu wali kota Kediri.

"Saya minta pihak yang sudah ngomong tidak sebenarnya itu untuk minta maaf ke orangtua saya karena orangtua saya sangat terpukul," ujar SAS kepada para wartawan di rumahnya, Sabtu (30/11/2019).

Selain tuntutan itu, gadis yang meniti karir senam sejak kelas 4 SD itu juga meminta adanya rehabilitasi. Dia meminta namanya diperbaiki.

Baca juga: Guru Kecewa Anak Didiknya Gagal ke SEA Games karena Tuduhan Tak Perawan

Tudingan soal virginitas yang dialamatkan padanya itu telah membuat hidupnya terbebani. SAS mengaku kini dia harus menanggung rasa yang membuatnya putus asa.

Padahal, soal keperawanan itu, menurut SAS, pihak pelatih tidak pernah melakukan pemeriksaan secara medis. Sehingga dia sangat menyayangkan munculnya tudingan itu.

"Padahal (di mess) tidak ada tes (keperawanan) sama sekali," kata SAS.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X