Rencana Jokowi Pangkas Eselon III dan IV, Khofifah Minta ASN Tak Galau

Kompas.com - 29/11/2019, 17:09 WIB
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa KOMPAS.COM/A. FAIZALGubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa

SURABAYA, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berharap ASN di lingkungan Pemprov Jatim tidak cemas dan galau dengan pemberitaan rencana penghapusan eselon IV dan III dalam upaya memotong birokrasi.

"Jangan ada pegawai galau, pegawai resah, kami menunggu keputusan Kemenpan dan Kemendagri," kata Khofifah, usai membuka pameran One Pesantren One Product di gedung Jatim Ekspo Surabaya, Jumat (29/11/2019).

Baca juga: Gubernur Kalbar Setuju Pemangkasan Eselon III dan IV, Kasi Dinas PU Dihilangkan

Mantan Menteri Sosial ini menegaskan, keterangan Presiden Jokowi andai ada unit tertentu yang ditiadakan secara struktural, maka tidak akan mengurangi kesejahteraan yang bersangkutan.

"Nanti saya akan sampaikan secara komprehensif agar tidak menimbulkan kecemasan dan kegalauan, dan tidak mengganggu pemasukan keluarga," ucap dia.

Penghapusan eselon IV dan eselon III, kata Khofifah, tidak berlaku untuk semua unit, namun secara umum hanya untuk layanan perizinan dan investasi.

Baca juga: Eselon III dan IV Diganti Robot, Dedi Mulyadi: Itu Bentuk Sindiran Pak Jokowi ke PNS

Presiden Jokowi memastikan akan menyederhanakan birokrasi di kementerian dengan memangkas jabatan eselon III dan IV pada tahun depan.

Hal tersebut ia tegaskan kembali saat bicara dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2019, di Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Jokowi menilai penyederhanaan birokrasi perlu dilakukan agar birokrasi bisa lebih cepat melakukan perubahan di tengah perkembangan global yang begitu cepat saat ini. 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X