Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuatkan Fungsi Pesantren, PKB Jatim Usulkan Perda

Kompas.com - 05/11/2019, 19:26 WIB
Achmad Faizal,
Khairina

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa DPRD Jawa Timur mengusulkan Peraturan Daerah tentang Pesantren di Jawa Timur.

Perda tersebut menguatkan fungsi pesantren yang bukan hanya sebagai pusat dakwah, namun juga sebagai pusat pendidikan agama sekaligus pusat pemberdayaan masyarakat.

Wakil Ketua Fraksi PKB DPRD Jatim Hikmah Bafaqih mengatakan, perda usulan legislatif tersebut rencananya akan dimasukkan dalam program legislasi daerah (Prolegda) Provinsi Jawa Timur tahun 2020.

"Anggota fraksi PKB seluruh Jawa Timur juga bergerak mengusulkan perda yang sama di masing-masing daerah," katanya, Selasa (5/11/2019).

Baca juga: Fraksi PKB Dukung Rencana MPR Hidupkan Kembali Haluan Negara

Perda pesantren kata dia menguatkan Undang-Undang Pesantren yang sudah disahkan DPR pada akhir September lalu.

Selama ini, fungsi pesantren hanya dianggap kuat sebagai lembaga dakwah. Padahal kata dia, pesantren juga memiliki fungsi pemberdayaan masyarakat dan fungsi pendidikan.

"Pendidikan di pesantren nantinya akan menjadi pendidikan formal dan fungsi pemberdayaan masyarakat akan semakin kuat dengan bantuan-bantuan keuangan dari pemerintah daerah," ujarnya.

Wakil Ketua DPRD Jatim Anik Maslachah menambahkan, Fraksi PKB Jatim tidak hanya menyusun pokok pikiran dalam usulan Perda pesantren.

"Naskah akademik tentang pentingnya perda ini juga sudah disusun," jelasnya.

Baca juga: Fraksi PKB: Amendemen UUD 1945 Harus Terbatas

Usulan Perda dalam waktu dekat akan ditandatangani oleh 24 anggota Fraksi PKB, selanjutnya ditindaklanjuti dengan rapat paripurna terbatas dan pengesahan.

"Kami ingin Jawa Timur yang disebut gudangnya pesantren menjadi inisiator bagi daerah lain untuk mengusulkan Perda Pesantren," ucapnya.

Di tingkat nasional, Undang-Undang Pesantren disahkan DPR pada 24 September lalu. Pesantren dianggap menegaskan keberadaan pesantren sebagai lembaga mandiri dengan ciri khas institusi yang menanamkan nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan.

Pesantren tidak hanya berperan sebagai lembaga pendidikan, melainkan juga sebagai lembaga dakwah dan pemberdayaan masyarakat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com