Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Risma: Hasil Audit Tim Independen, Aset YKP Mencapai Rp 95 Miliar

Kompas.com - 11/08/2019, 08:41 WIB
Ghinan Salman,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, pengurus baru Yayasan Kas Pembangunan (YKP) sudah menginventarisir data berupa laporan keuangan hingga data aset dari pengurus lama.

Menurut Risma, dari data yang sudah diserahkan ke pengurus baru YKP, keuangan YKP per 1 Januari 2019 mencapai Rp 95.124.692.482 dari saldo bank, kemudian uang tunai Rp 56.868.034.

"Posisi keuangan Graha YKP yang terdapat di Jalan Medokan Asri Utara Surabaya per tanggal 1 Januari 2019, diketahui saldo bank sejumlah Rp 4.033.617.224 dan uang tunai sebesar Rp 23.840.914," kata Risma, Sabtu (10/8/2019).

Meski demikian, Risma menyebut jumlah uang tersebut masih bersifat sementara.

Pasalnya, saat ini tim independen bersama kejaksaan dan inspektorat masih terus melakukan proses audit data aset yang dimiliki YKP.

Baca juga: 7 Fakta Aset YKP Dikembalikan ke Pemkot Surabaya, Risma Panas Dingin hingga Kejati Pastikan Proses Hukum Terus Jalan

"Sebelumnya pengurus baru YKP juga sudah melakukan survey sisa kavling yang belum terjual di lima wilayah Surabaya," ujar Risma.

Lima wilayah yang dimaksud Risma itu terdapat di Tenggilis Mejoyo, Rungkut Kidul, Rungkut Lor, Penjaringan Sari dan Medokan Ayu.

Pemasangan papan aset

Selain survey lokasi, kata Risma, pengurus baru YKP juga melakukan pemasangan papan aset.

Sejak 25 Juli 2019, Risma mengatakan ada 30 papan aset yang telah terpasang, 10 di Rungkut Kidul, dua di Tenggilis Mejoyo dan 18 di Rungkut Lor.

Ia pun memastikan pemasangan papan aset YKP akan terus berlanjut sembari menunggu hasil audit dari tim independen.

 "Pengurus baru juga sudah bersurat ke Menteri Hukum dan HAM terkait perubahan stempel YKP, dan terhitung mulai 1 Agustus 2019 stempel lama YKP telah berubah," kata Risma.

Baca juga: [POPULER NUSANTARA] Cerita Driver Ojek Online Ditagih Utang Bank Rp 10 Juta | Risma Panas Dingin Saat Dapatkan Kembali Aset YKP

Ia menyampaikan, pengurus baru YKP juga sudah melakukan koordinasi dengan Direktur PT Yekape pada 26 Juli 2019, terkait saham YKP yang ada di PT.

Hasilnya, pengurus baru mendapatkan data site plan YKP yang telah terbangun perumahan.

Data site plan bangunan itu terdapat di Penjaringan Sari 1, Penjaringan Sari 2, Medokan Ayu I dan II, Medokan Ayu III, Rungkut Lor I, II dan III, Rungkut Lor V, dan terdapat di Rungkut Kidul I, II dan III.

Di luar itu juga terdapat di Rungkut Kidul IV dan V, Tenggilis Mejoyo Thp IV, Kendangsari Thp I, II dan III, Jemur Wonosari, Jemur Andayani, Gayungan, Menanggal dan Mojoarum.

Diketahui posisi keuangan YKP sejumlah Rp 78.000.000 dan Graha YKP sejumlah Rp 429.207.563.

"Agar tidak terjadi tumpang tindih atau kekeliruan, makanya per tanggal 31 Juli 2019 pengurus YKP baru mengirimkan surat ke Kejati Jatim untuk pembukaan rekening baru atas nama YKP, serta pembukaan blokir rekening bank," ucap Risma.

Baca juga: Risma Belum Tentukan Bentuk Pengelolaan Aset YKP Bernilai Rp 10 Triliun

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com