Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Lebaran 2019, Terminal Tipe B di Jatim Disulap Jadi "Rest Area"

Kompas.com - 27/05/2019, 17:23 WIB
Achmad Faizal,
Rachmawati

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - 26 lokasi terminal tipe B di Jawa Timur disulap menjadi rest area selama masa angkutan lebaran 2019. Berbagai fasilitas disiapkan di rest area tersebut mulai dari kamar mandi hingga tempat bermain anak.

"Rest area disiapkan untuk para pemudik. Yang merasa capek silahkan berhenti di rest area. Jangan dipaksakan untuk melanjutkan perjalanan, karena bisa membahayakan diri sendiri dan keluarga," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, Fattah Jasin, Senin (27/5/2019).

Selain menyediakan kamar mandi yang bersih dan area bermain anak, rest area terminal tipe B juga menyediakan tempat istirahat yang nyaman, parkir yang luas, dan ruang pemeriksaan kesehatan ringan.

Baca juga: Ini Titik-titik Pengisian Bahan Bakar Sepanjang Jalur Mudik

Ke-26 lokasi rest area terminal tipe B tersebar di hampir seluruh daerah di Jawa Timur yakni, Bojonegoro, Lamongan, Gresik, Sidoarjo, Mojokerto, Nganjuk, dan Madiun.

Rest area juga ada di Magetan, Pacitan, Blitar, Kota Batu, Kota Malang, Pasuruan, Jember, Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi. Terminal tipe B di Pulau Madura juga disulap menjadi rest area yaitu wilayah di Sampang, Bangkalan, dan Pamekasan.

Sebelum memanfaatkan terminal tipe B sebagai rest area, Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur memanfaatkan jembatan timbang sebagai rest area saat arus mudik lebaran.

Namun sejak tiga tahun terakhir, operasional jembatan timbang diambil alih oleh Kementerian Perhubungan, sehingga fasilitas yang disulap menjadi rest area adalah terminal tipe B yang dikelola Dinas Perhubungan Pemprov Jawa Timur.

Baca juga: Pembangunan Tol Becakayu Dihentikan Sementara Saat Arus Mudik 2019

Rest area terminal tipe B, kata Fattah, juga dimanfaatkan secara maksimal oleh pemudik. Pada tahun 2018, jumlah pemudik yang mampir ke rest area terminal tipe B sebanyak 47.037 pengunjung.

Sementara itu kunjungan kendaraan roda dua di rest area mencapai 6.671 kendaraan dan kendaraan roda empat mencapai 6.870 kendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com