Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selisih Suara Tipis, Vena Melinda Dipastikan Tidak Kembali ke Senayan

Kompas.com - 14/05/2019, 11:59 WIB
Achmad Faizal,
Candra Setia Budi

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Caleg artis petahana Vena Melinda diprediksi gagal mempertahankan kursinya di Senayan di Pileg 2019. Perolehan suaranya terpaut tipis dengan rekan separtainya di daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur 6.

Hasil rekapitulasi suara Pileg 2019 KPU Jatim yang diolah menggunakan metode hitung Pileg 2019 oleh SCG Research and Consulting menyebut, di Dapil yang meliputi Kabupaten dan Kota Blitar, Kabupaten dan Kota Kediri, serta Kabupaten Tulungagung itu.

Baca juga: Bermodal Rp 10 Juta, Komedian Oni SOS Kembali ke DPD RI dengan Raihan Suara Terbanyak

Vena Melinda hanya memperoleh 57.060 suara, hanya terpaut 83 suara dari rekan separtainya dari dapil yang sama yakni Nurhadi, yang memperoleh 57.143 suara.

Di Pileg 2019, dia tidak lagi maju melalui Partai Demokrat, tapi melalui Partai Nasdem.

"Partai Nasdem sendiri hanya mendapatkan 1 kursi di dapil Jatim VI, dari 9 kuota kursi yang disediakan," kata Direktur SCG Research and Consulting Didik Prasetiyono, Senin (13/5/2019) kemarin.

Baca juga: Ini yang Akan Dilakukan Ojek Online Erwin Siahaan Setelah Lolos Caleg

Di dapil Jatim 6, dari kuota 9 kursi yang disediakan, 3 diantaranya berhasil direbut PDIP, PKB mendapatkan 2 kursi, dan 1 kursi masing-masing dihuni oleh caleg dari 4 partai yakni Nasdem, Gerindra, Golkar, dan PAN.

Vena Melinda tercatat sudah 2 periode menjadi anggota DPR. Di periode pertama 2009-2014, dan periode kedua 2014-2019. Di dua periode itu, mantan Puteri Indonesia 1994 berangkat dari Partai Demokrat.

Di pileg 2019, dia pindah ke Partai Nasdem. Menjadi pendukung Jokowi alasan Vena Melinda untuk pindah partai dari Demokrat ke Partai Nasdem.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com