Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat Penyanyi Dangdut Ida Laila? Begini Kondisinya Sekarang

Kompas.com - 29/03/2018, 18:11 WIB
Achmad Faizal,
Reni Susanti

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Ida Laila, penyanyi dangdut melayu legendaris era 70-an yang populer dengan lagu-lagunya seperti "Sepiring Berdua", "Keagungan Tuhan" dan "Siksa Kubur", kini sedang terbaring sakit.

Penyanyi berusia 75 tahun itu hanya bisa berbaring di tempat tidur dan duduk di atas kursi roda di kediamannya di Jalan Cancer Kelurahan Ploso, Kecamatan Tambaksari Surabaya. "Penyakitnya banyak. Ada kencing manis dan kolesterol," kata Mulyono, suami Ida Laila.

Sakit yang diderita biduan bernama asli Murahwati itu sudah lama. "Sudah sekitar 6 tahun. Pernah juga dirawat di Rumah Sakit Islam Surabaya," jelasnya.

Ida Laila menurutnya sudah lama meninggalkan dunia tarik suara. Sebelum sakit, istrinya justru sering diundang untuk berceramah agama. Di tengah-tengah ceramahnya itulah, dia menyisipkan suara emasnya menyanyikan lagu-lagu populer yang dibawakannya.

(Baca juga : Didiek SSS: Kris Biantoro Menangisi Nasib Artis Musik Indonesia )

Undangan ceramah tidak hanya di Surabaya, namun juga banyak dari luar kota seperti Lamongan, Gresik, hingga Jawa Tengah. "Sekarang sudah tidak lagi, ngomong saja susah," ucapnya.

Menjalin keluarga dengan Mulyono, Ida Laila dikaruniai 5 orang anak. Seorang di antaranya sudah meninggal dunia. Sejak sakit, ada beberapa artis yang sempat menjenguk Ida Laila. "Evie Tamala dan Ike Nur Janah pernah menjenguk ke sini," jelasnya.

Selama berkarir di dunia musik dangdut melayu, Ida Laila menelurkan puluhan album dengan berkolaborasi dengan sejumlah musisi tanah air, di antaranya Mus Mulyadi. 

Kompas TV Saksi yang merupakan pegawai First Travel juga menyatakan, para artis mendapat bonus "traveling" ke Turki.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com