Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kereta Lebaran 2020, Daop 8 Surabaya Sediakan 19.848 Kursi

Kompas.com - 13/02/2020, 06:59 WIB
Ghinan Salman,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Tiket kereta api (KA) reguler untuk masa angkutan lebaran 1441 Hijriah, mulai dijual pada 14 Februari 2020.

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Suprapto mengatakan, terdapat 33 KA reguler jarak jauh atau menengah yang diberangkatkan dari wilayah Daop 8 Surabaya.

Tiket kereta api itu dapat dipesan mulai 14 Februari 2020 untuk keberangkatan 14 Mei 2020 atau H-10 sebelum lebaran.

"Perjalanan KA reguler dengan pemberangkatan awal dari PT KAI Daop 8 Surabaya ini terdiri dari delapan KA eksekutif, 11 KA ekonomi, dan 14 KA kelas campuran," kata Suprapto ketika dikonfirmasi, Rabu (12/2/2020).

Baca juga: Dukung Solo Great Sale 2020, PT KAI Berikan Diskon 10 Persen Tiket Kereta Api

Menurut dia, delapan KA kelas eksekutif itu berkapasitas 3.338 tempat duduk, 11 KA kelas ekonomi memiliki kapasitas 8.526 tempat duduk, dan 14 KA kelas campuran berkapasitas 7.984 tempat duduk.

"Jadi, total dari 33 perjalanan KA reguler jarak jauh/menengah tersebut tersedia total tempat duduk sebanyak 19.848 kursi atau tempat duduk," ujar dia.

Sementara itu, terdapat delapan KA yang melintas di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya.

Terdiri dari dua KA ekonomi dengan kapasitas 1.272 tempat duduk dan enam KA kelas campuran dengan kapasitas 3.664 tempat duduk.

"Total tempat duduk yang tersedia dari delapan KA reguler jarak menengah/jauh yang melintas sebanyak 4.936 kursi," jelas dia.

Suprapto mengimbau masyarakat merencanakan liburan pada masa angkutan Lebaran 1441 Hijriah dengan sebaik mungkin.

Ia menyebut, tiket kereta api dapat dipesan melalui aplikasi pemesan tiket secara daring atau melalui minimarket terdekat.

"Jadi masyarakat tidak perlu lagi repot mengantri di Loket Stasiun karena tiket dapat dipesan secara online," kata Suprapto.

Sebelumnya, VP Public Relations PT KAI Yuskal Setiawan mengatakan, pembelian tiket mudik lebaran tersebut dapat dilakukan di laman resmi KAI, aplikasi KAI Access, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya.

"Tiket KA Reguler masa Angkutan Lebaran 1441 H akan dijual mulai 14 Februari 2020 pukul 00.00 WIB," kata Yuskal kepada Kompas.com, Rabu (12/2/2020).

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengingatkan agar calon penumpang lebih teliti dalam memasukkan tanggal, rute, atau data diri penumpang saat melakukan pemesanan.

Edi menyarankan perjalanan dipersiapkan sebaik mungkin termasuk estimasi perjalanan ke stasiun, jangan sampai keliru dan akhirnya tidak bisa berangkat mudik Lebaran.

Sebagai langkah antisipasi meningkatnya jumlah pengunjung channel penjualan tiket, KAI telah mengoptimalkan sistem penjualan tiket serta menambah kapasitas server dan bandwidth sebanyak dua kali lipat dari hari biasa.

Baca juga: Pengumuman, Tiket KA Mudik Lebaran 2020 Bisa Dipesan Mulai 14 Februari

Hal ini bertujuan agar proses pemesanan tiket di seluruh channel dapat berjalan dengan lancar.

“Pastikan pemesanan tiket Lebaran melalui channel resmi KAI atau mitra resmi yang telah bekerjasama dengan KAI. Tujuannya untuk menghindari penipuan, gangguan sistem, atau adanya biaya jasa yang tidak wajar," jelas Edi melalui keterangan tertulis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com