Salin Artikel

1.300 Orang Diprediksi Tiba di Sumenep Saat Mudik Lebaran, 300 Bus Disiapkan

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Arya Wiraraja Sumenep, Handoko Imam Hanafi mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan 300 bus untuk melayani lonjakan penumpang.

”Kami siapkan 300 bus atau 100 persen penambahannya dibanding hari-hari biasanya. Ini mengacu pada tahun sebelumnya,” kata Handoko, Jumat (31/3/2023).

Handoko menjelaskan, dari jumlah itu 200 bus di antaranya adalah bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP). Kemudian, 100 bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Menurutnya, penambahan armada angkutan ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan jumlah penumpang terutama menjelang Lebaran nanti.

Pada momen mudik lebaran nanti, penumpang diperkirakan bisa mencapai di atas 1.200 hingga 1.300 orang. Jumlah tersebut adalah penumpang yang keluar dan masuk terminal Arya Wiraraja baik dalam provinsi maupun antarprovinsi

Pergerakan penumpang diprediksi akan terjadi mulai dari H-15 hari sebelum Hari Raya Idul Fitri.

"Kalau hari biasa, rata-rata 500 orang baik yang datang maupun keluar,” ungkapnya.

Handoko mengatakan petugas akan mengintensifkan pengecekan armada angkutan untuk memastikan kelayakannya sebelum beroperasi.

Hal itu dilakukan untuk memastikan keselamatan penumpang terutama di momen mudik lebaran.

"Pada momen mudik nanti kami akan lebih mengintensifkan pengecekan armada angkutan baik surat-surat maupun lampu dan sebagainya," pungkasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/03/31/153724578/1300-orang-diprediksi-tiba-di-sumenep-saat-mudik-lebaran-300-bus-disiapkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke