Salin Artikel

BMKG Minta Warga Tuban Waspada Angin Kencang hingga April Mendatang

Pasalnya, saat ini wilayah Kabupaten Tuban dan Bojonegoro telah memasuki masa peralihan musim hujan ke musim kemarau.

"Biasanya peralihan musim ini sering terjadi angin kencang, angin puting beliung hingga hujan lebat dan disertai petir," kata Zem Irianto Padma, kepada Kompas.com, Sabtu (25/3/2023).

Menurutnya, pada masa peralihan musim hujan ke musim kemarau saat ini kondisi atmosfer sedang tidak stabil dan mengakibatkan cuaca juga tidak menentu.

Sehingga pada siang hari bisa terasa sangat panas akibat penguapan yang tinggi, tiba-tiba pada sore atau malam hari terjadi hujan lebat.

Kondisi cuaca ekstrem yang terjadi dalam masa peralihan musim tersebut diperkirakan akan berlangsung hingga bulan April 2023 mendatang.

Zem Irianto meminta masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan agar berhati-hati dan waspada saat melaut, seban potensi angin kencang di perairan laut masih tinggi.

"Untuk gelombang laut masih relatif aman dengan ketinggian 0.1 meter. Tetapi, awan kumulonimbus bisa terjadi di laut dan di darat, makanya masyarakat harus waspada," ujarnya.

Dia mengajak masyarakat untuk mengikuti informasi perkembangan cuaca dari BMKG melalui kanal-kanal informasi yang tersedia di media sosial maupun media massa.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/03/25/120803678/bmkg-minta-warga-tuban-waspada-angin-kencang-hingga-april-mendatang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke