Salin Artikel

Rumah di Gresik Dibobol Maling Saat Ditinggal Tarawih, Rp 30 Juta Raib

GRESIK, KOMPAS.com - Rumah milik Ismail (56) di Desa Purwodadi, Kecamatan Sidayu, Gresik, Jawa Timur, dibobol maling pada Kamis (23/3/2023).

Rumah itu dibobol saat dalam keadaan sepi karena ditinggal pemiliknya shalat tarawih berjemaah di masjid.

Akibatnya, uang tunai sekitar Rp 30 juta lebih yang disimpan di dalam salah satu lemari raib dibawa kabur pencuri.

“Uangnya itu ditaruh dan dimasukkan di dalam lemari,” ujar Kanit Reskrim Polsek Sidayu Ipda Hary Dharma kepada awak media, Jumat (24/3/2023).

Hary menjelaskan, hasil penyelidikan dan olah tempat kejadian perkara (TKP), maling ditengarai masuk ke dalam rumah milik Ismail melalui pintu belakang. Sebab, pintu bagian belakang rumah yang dikunci oleh korban didapati dalam keadaan terbuka.

“Pintu rumah keadaan terkunci dan rumah keadaan kosong, karena korban dan keluarganya sedang ke masjid,” ucap Hary.

Pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut untuk mengungkap pelaku. Pihak kepolisian masih belum bisa mengambil kesimpulan apakah pelaku merupakan orang Desa Purwodadi atau dari luar Desa Purwodadi.

"Masih kami dalami. Olah TKP sudah kami lakukan untuk mencari jejak pelaku,” tutur Hary.

Berkaca dari kejadian yang dialami Ismail dan keluarga, Hary menyarankan supaya warga sebelum pergi meninggalkan rumah untuk memastikan dulu keamanan rumah. Termasuk, tidak lupa mengunci pintu dan melengkapi rumah dengan CCTV.

"Karena saat semua ke masjid menunaikan ibadah shalat isya dan tarawih, (suasana) jadi sepi. Itu bisa dimanfaatkan orang untuk berbuat jahat. Maka sebaiknya, dipastikan dulu keamanan rumah sebelum ditinggal," kata Hary.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/03/24/214232178/rumah-di-gresik-dibobol-maling-saat-ditinggal-tarawih-rp-30-juta-raib

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke