Salin Artikel

Kaum Muslim Aboge Probolinggo Mulai Puasa Ramadhan Hari Ini

PROBOLINGGO, KOMPAS.com – Sejumlah kaum muslim yang tergabung dalam jemaah Alif Rabo Wage (Aboge) di Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, memulai puasa Ramadhan pada hari ini, Jumat (23/3/2023). Ketentuan awal Ramadhan ini mundur satu hari dengan yang ditetapkan pemerintah.

Tokoh Aboge, Buri Bariyah mengatakan, sejumlah jemaah Aboge memulai puasa pada hari ini dan melaksanakan shalat tarawih malam pertama pada Kamis (23/3/2023) malam.

Menurut Buri, jemaah Aboge berpedoman pada kitab mujarobat dan hitungan alif rabo wage yang dipedomani secara turun temurun.

Hal ini yang menyebabkan terdapat selisih satu hari dengan keputusan pemerintah dalam menentukan awal Ramadhan.

Buri menjelaskan, tahun berputar dalam delapan tahun. Tahun ini jatuh pada tahun Ha’ 1956. Pada tahun Ha’, 1 Suro jatuh pada Ha’ Kad Pon. Sehingga, Ahad pon menjadi patokan untuk menghitung tanggal 1 setiap bulan.

“Misalnya 1 Ramadhan yang berpola zha mim ra (6-2), dihitung dengan Ahad pon. Sehingga hari ke-6 dari Ahad adalah Jumat. Sedangkan neptu ke-2 dari pon adalah wage, sehingga 1 Ramadhan jatuh pada Jumat wage 24 Maret 2023,” kata Bari, Jumat (24/3/2023).

Bari berharap, kaum muslim diberi kesehatan dan keselamatan selama menjalankan ibadah Ramadhan tahun ini, serta dijauhkan dari bencana seperti wabah Covid-19 yang sempat melanda dunia.

Meski selalu berbeda dengan pemerintah dalam memutuskan awal Ramadhan, jemaah Aboge menjalankan ibadah dengan hidup rukun bersama warga muslim lainnya.

Selain di Kecamatan Leces, pengikut Aboge juga tersebar di Kecamatan Kuripan, Bantaran, dan Dringu.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/03/24/141414878/kaum-muslim-aboge-probolinggo-mulai-puasa-ramadhan-hari-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke