Salin Artikel

Hiu Paus Muncul di Perairan Situbondo, Warga: Sering Terlihat oleh Pemancing

Hiu paus itu tepatnya muncul di salah satu tempat wisata, yakni Kampung Kerapu Dusun Gundil, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Mamalia berukuran besar itu sering muncul ketika laut sedang tenang dan tidak keruh.

Kepala bidang Nelayan dari Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Situbondo Roy membenarkan peristiwa itu. Roy mendapat video berdurasi 20 detik dari temannya yang sedang memancing.

"Ya benar, itu di Kampung Kerapu, saya dikirimi teman nelayan," kata Roy kepada Kompas.com, Kamis (16/3/2023).

Warga Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Yudik mengatakan, hiu paus berukuran empat sampai lima meter itu sering muncul ke permukaan di perairan Desa Klatakan dan Desa Panarukan, akhir-akhir ini.

"Hampir setiap hari muncul dan yang sering melihat memang kalangan pemancing," ucapnya.

"Kalau di video itu di sebelah timurnya Kampung Kerapu, tetapi tidak setiap hari, terkadang hanya dua hari sekali muncul," ucapnya.

Dia menambahkan, hiu paus juga muncul di perairan Pelabuhan Panarukan beberapa hari lalu. 

"Hiu paus itu sering terlihat, terkadang di Panarukan, Kampung Kerapu, namun juga terkadang di beberapa tempat lain," jelasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/03/17/084625878/hiu-paus-muncul-di-perairan-situbondo-warga-sering-terlihat-oleh-pemancing

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke